IKN Nusantara Akan Didominasi oleh Pohon Kelapa, Ini Alasannya

IKN Nusantara Akan Didominasi oleh Pohon Kelapa, Ini Alasannya
IKN Nusantara Akan Didominasi oleh Pohon Kelapa, Ini Alasannya. Ilustrasi Foto : pixabay
0 Komentar

Nasional – Ketua Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa (Kopek) Nelson Pomalingo mengatakan keinginannya untuk “mewarnai” Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur dengan pohon kelapa.

“Tidak ada daerah satu pun yang tidak punya kelapa di Indonesia ini. Seluruh Indonesia pasti ada kelapa, yang berbeda hanya jumlah dan jenisnya,” ujar Nelson di Gorontalo, Rabu, 20 April 2022.

Nelson yang juga menjabat sebagai Bupati Gorontalo itu memaparkan kelapa merupakan identitas Nusantara dan memiliki berbagai fungsi dalam lingkungan, salah satunya menyimpan air.

Baca Juga:Berikan Semangat Produk Dalam Negeri, Hari Belanja Brand Lokal 2022 DigelarPolri Buka Suara Tentang Kasus Minyak Goreng di 9 Provinsi, Modusnya Mayoritas Tak Sesuai HET

IKN Nusantara Akan Didominasi oleh Pohon Kelapa, Ini Alasannya

“Maka, dalam rangka pelestarian lingkungan melalui penanaman kelapa sebagai warna IKN, saya akan mengundang para bupati penghasil kelapa untuk membawa jenis kelapanya untuk ditanam di sana,” jelasnya.

Menurut Nelson, IKN sudah menjadi keputusan politik, berarti keputusan rakyat, karena yang memutuskan adalah para wakil rakyat.

“Di sisi lain pemerintah juga begitu semangat, terutama Presiden Jokowi, melahirkan IKN,” ujar dia.

Nelson mengatakan dari sisi ekonomi, kelapa memiliki nilai yang luar biasa, sedangkan dari sisi sosiologis, kelapa telah digunakan oleh masyarakat untuk berbagai kegiatan adat dan budaya di Indonesia. (fin/yni)

 

0 Komentar