Kapan Malam Lailatul Qadar 2022? Malam Penentuan TAKDIR Manusia, Lengkap Amalannya

Kapan Malam Lailatul Qadar 2022? Malam Penentuan TAKDIR Manusia, Lengkap Amalannya (ilustrasi malam lailatul qadar)
Kapan Malam Lailatul Qadar 2022? Malam Penentuan TAKDIR Manusia, Lengkap Amalannya (ilustrasi malam lailatul qadar)
0 Komentar

Oleh sebab itulah Lailatul Qadar hanya Allah S.W.T Yang Maha Mengetahui Waktunya, malam yang sangat mulia dan penuh berkah.

Firman Allah dalam surat Ad-Dukhan, Ayat 3:

إن أنزلناه فى ليلة مباركة

Artinya: “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi Malam yang berkah itu tentunya berbeda dengan malam-malam lain”.

Lailatul Qadar – Malam Penentuan Takdir Manusia (Rizki, Jodoh, Maut, dan Semua)

Allah telah meng-istimewakan nilai malam 17 Ramadhan dengan malam seribu bulan

Baca Juga:Pemkot Bandung Diminta Tak Ulur Waktu Pelantikan KepsekSiswa SDN 07 Terpaksa Belajar di Masjid, Sekolah Rusak Diterjang Banjir

Sebab, malam itu Malaikat turun ke bumi mengatur segala urusan, Sesuai dengan perintah-Nya.

Mereka (para malaikat) akan menetapkan berbagai macam takdir umat manusia, mulai dari takdir rizki, takdir maut, takdir jodoh dan semua takdir.

Bersimpuh Sujud di Malam-Malam Penentuan Takdir – Lailatul Qadar – Berharap Takdir Baik

Oleh Sebab itulah dinamakan Lailatul Qadar – malam penentuan taqdir manusia.

Maka, tentu saja kita sebagai manusia biasa menginginkan taqdir yang baik, dan sudah sewajarnya kita bersimpuh sujud pada malam itu, sebab hal ini berhubungan dengan nasib kita sebagai hamba Allah.

Allah Berfirman secara khusus dan memberi keterangan dalam satu surat penuh dalam Al-Qur’an,

Yaitu Surat al-Qadar:

إِنَّا أَنْزَلْناهُ فِى لَيْلَةِ الْقَدْرِ * وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ * لَيْلَة الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْر * تَنَزَّلُ الْمَلاَئِكَةُ وَالرُّوحُ فِيَها بِإِذْنِ رَبّـِهم مِّن كُلِّ أَمْر * سَلاَمٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْر

Artinya: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan *Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? * Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan* Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhan-Nya untuk mengatur segala urusan* Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar

Malam Lailatul Qadar Jatuh Pada Tanggal?

Dua (2) kitab – I’anatut Thalibin Juz 2 dan kitab Hasyiah al-Bajury memberi tahu cara menghitung kapan Lailatul Qadar turun ke Bumi kita tercinta ini.

1). Kitab I’anatut Thalibin juz 2 – Karangan Imam Al-Ghazali

Baca Juga:Tak Ada Penyekatan, Pemudik Lebaran 2022 Diimbau Lengkapi VaksinasiSambut Lebaran 2022, IOH Siap Berikan Pengalaman Digital Kelas Dunia

Menurut keterangan Kitab I’anatut Thalibin, malam Lailatul Qadar tahun ini perkiraan malam ke-27 Ramadhan 1442 H atau pada Hari Minggu/Ahad, 09 Mei 2021, (Ini menurut Kitab tersebut, dan bukan merupakan suatu kepastian, Hanya Allah Yang Maha Mengetahui)

Kitab I’anatut Thalibin juz 2 memberi petunjuk apabila awal puasa jatuh hari Selasa / Jum’at, maka kemungkinan besar malam Lailatul Qadar jatuh pada malam ke-27 Ramadhan.

0 Komentar