Menyambut Hari Kartini, Inilah 6 Sifat Teladan Kartini yang Bisa Menjadi Referensi Generasi Muda!

Menyambut Hari Kartini, Inilah 6 Sifat Teladan Kartini yang Bisa Menjadi Referensi Generasi Muda!
Ilustrasi R.A Kartini
0 Komentar

PASUNDANEKSPRES – Setiap tanggal 21 April selalu di peringati sebagai hari Kartini.

Ibu Kartini merupakan sosok Pahlawan Nasional yang berperan besar dalam memajukan pendidikan untuk kaum perempuan di Indonesia.

Kisah mengenai perjuangan R.A Kartini dalam emansipasi wanita tentu wajib kita apresiasi, terlebih ada banyak sekali nilai-nilai yang bisa kita contoh dari beliau.

Berikut ini dalam rangka menyambut hari Kartini, Pasundan Ekspres sudah merangkum 6 sifat teladan Kartini yang bisa menjadi referensi generasi muda!

1.Pribadi yang sederhana

Baca Juga:bank bjb Gelar Safari Ramadan bjb Berbagi, Ramadan MemberiKumpulan Kata-Kata Hari Kartini 2022, Cocok untuk Caption Instagram

R.A Kartini lahir dari keluarga bangsawan, tetapi hal itu tidak serta merta membuatnya merasa hidup mewah. Bahkan ketika ia menikah, lebih memilih untuk hanya mengenakan pakaian sederhana dan tidak mengadakan pesta pernikahan yang mewah seperti halnya anak bangsawan lainnya.

2. Pemberani dan optimis

Pendiriannya yang teguh untuk menyetarakan gender membuat dirinya mendapatkan begitu banyak tentangan dari masyarakat. Namun hal tersebut tidak membuat dirinya gentar, R.A Kartini menilai, bahwa perempuan tidak hanya berperan menjadi ibu rumah tangga saja, mereka juga bisa mengenyam pendidikan serta ikut serta dalam mengejar cita-cita mereka.

3. Berjiwa sosial dan penuh kasih sayang

Kartini memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap sesama. Diketahui bahwa anak didiknya pun banyak terdapat dari kalangan menengah ke bawah, seperti anak-anak yang terlantar. Kasih sayangnya ini ia tunjukkan melalui kutipannya:

“Cinta melahirkan cinta, tetapi hinaan tak akan pernah menimbulkan kasih sayang”

4. Gemar membaca dan belajar

R.A Kartini juga dikenal sebagai sosok wanita yang memiliki pemikiran dan wawasan yang luas, ia bahkan menguasai berbagai bahasa. Kecerdasan yang ia miliki ia dapatkan karena mempunyai hobi membaca, seperti surat kabar dan berbagai buku budaya, agama, sastra dan masih banyak lagi.

0 Komentar