6 Keutamaan Hari Jumat dalam Agama Islam

Keutamaan hari Jumat dalam Islam
Keutamaan hari Jumat dalam agama Islam
0 Komentar

PASUNDANEKSPRES – Tak banyak diketahui bahwa terdapat beberapa keutamaan di hari Jumat dalam agama Islam. Meskipun nampak seperti hari biasa, justru hari Jumat ini menyimpan banyak rahasia kemuliaannya dibanding hari-hari lainnya.

Keutamaan hari Jumat itu sendiri tak lain karena adanya peristiwa hingga limpahan karunia dari Allah SWT.

Lantas, apa saja keutamaan di hari Jumat dalam agama Islam? Melansir dari berbagai sumber, simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Baca Juga:Soal Video Viral Diduga Perempuan Tanpa Busana Joged di Hotel Betha Subang saat Dibangunkan Saur, Ini Faktanya…Gerakan Literasi Masih Terkesan Basa-Basi

Keutamaan Hari Jumat dalam Agama Islam

1. Diciptakannya Nabi Adam

Rasulullah SAW menyebut, Nabi sekaligus manusia pertama tersebut diciptakan Allah SWT di hari Jumat dengan penuh kemuliaan. Berikut sabdanya:

“Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam Alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat.” (H.R Muslim).

 

2. Hari suci bagi umat muslim

Selain itu, keutamaan hari Jumat yakni waktu yang suci di antara hari-hari lainnya.

Maka diwajibkan bagi para lelaki maupun wanita muslim untuk senantiasa beribadah kepada Allah dan meninggalkan urusan dunia seketika.

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk menunaikan salat pada hari Jumat maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli.” (QS Al Jumu’ah [62]:9).

 

3. Pahala berlipat ganda

Di hari Jumat, samalan yang dikerjakan seorang muslim akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Keutamaan hari Jumat yang satu telah disebut di dalam firman Allah berbunyi,

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah:216)

 

Baca Juga:Korban Rampok Malah di Tetapkan Tersangka, Ternyata….Anggota Polisi Berpangkat Kompol Diamankan sedang Pesta Narkoba

4. Waktu yang mustajab untuk berdoa

Beribadah di hari Jumat juga waktu yang tepat untuk meminta pertolongan-Nya. Sebab, di hari Jumat disebutkan sebagai waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa.

“Pada hari jumat ada 12 jam. Diantaranya ada satu waktu, apabila ada seorang muslim yang memohon kepada Allah di waktu itu, niscaya akan Allah berikan. Carilah waktu itu di penghujung hari setelah Ashar.” (HR. Abu Dawud)

0 Komentar