Fakta Tentang Anak Bungsu yang Perlu Kamu Ketahui

Fakta Tentang Anak Bungsu yang Perlu Kamu Ketahui
Fakta Tentang Anak Bungsu yang Perlu Kamu Ketahui. Ilustrasi Foto : pixabay
0 Komentar

Ragam – Anak bungsu adalah anak yang cenderung memiliki pribadi yang manja karena mendapat perhatian lebih dari orangtua ketimbang kakak-kakaknya.

Pengakuan tersebut menyebabkan orangtua harus menerapkan pola asuh tertentu agar anak yang lahir di akhir ini tetap tumbuh dengan baik, tanpa membuat kecemburuan dari saudaranya yang lebih tua.

Anak pertama contohnya, dikenal memiliki memiliki sifat yang konformis dan berjiwa pemimpin karena tidak harus bersaing dengan adik-adiknya dalam memperoleh kasih sayang orangtua, terutama di masa-masa pertama usianya.

Fakta Tentang Anak Bungsu yang Perlu Kamu Ketahui

Baca Juga:Catat! Jajanan Kekinian yang Lagi Viral, Mau Beli yang Mana?Anak Tidur di Lantai, Apakah Bahaya? Begini Penjelasannya

Dilain hal, aak tengah biasanya berjiwa pemberontak atau bahkan pendiam sama sekali, tergantung dari sikap mereka saat bersaing dengan kakak maupun adiknya dalam mendapatkan perhatian orangtua.

Disamping itu, anak bungsu adalah anak yang disebut memiliki privilege sebagai anak paling kecil sehingga kebutuhannya akan paling diperhatikan oleh orangtua.

Sifat anak bungsu menurut ilmu psikologi

Sampai saat ini, status tersebut banyak dipercaya oleh para orangtua. Para peneliti pun akhirnya tergugah dan mengadakan penelitian tentang karakter anak bungsu dengan alat ukur ilmiah dan bisa dipertanggungjawabkan hasilnya.

Para peneliti sudah mempelajari lebih dalam mengenai karakter anak bungsu sejak psikolog Alfred Adler pertama kali menulis soal ini pada 1927. Saat itu, Adler memiliki teori bahwa karakteristik anak sedikit-banyak dapat diprediksi berdasarkan urutan kelahirannya.

Menurutnya, fakta anak bungsu memiliki karakter yang positif, seperti:

  • Memiliki jiwa sosial yang tinggi
  • Percaya diri
  • Kreatif
  • Memiliki kemampuan yang baik dalam menyelesaikan masalah
  • Manipulatif dalam hal positif

Pandangan Adler ini mendukung teori sebelumnya yang mengatakan anak bungsu cenderung terlihat menawan dan lucu. Sifat anak terakhir ini mungkin muncul sebagai usaha mereka untuk menarik perhatian orangtua dan keluarga besar agar tidak kalah saing dengan kakak-kakaknya.

Bukan hanya mempunyai sifat positif, Adler juga menyebut beberapa karakter anak bungsu yang negatif, seperti:

  • Nakal
  • Suka melakukan hal-hal kecil yang berisiko tinggi
  • Lebih suka bertindak impulsif dan kurang memikirkan efek negatif dari tindakan yang dilakukannya
  • Tingkat kecerdasan yang kurang tinggi dibanding kakak-kakaknya
  • Kurang mandiri, apalagi bila orangtua selalu memanjakannya
0 Komentar