Catat! Tips Mudik Bawa Bayi Naik Bus, Anti Rewel

Catat! Tips Mudik Bawa Bayi Naik Bus, Anti Rewel
Catat! Tips Mudik Bawa Bayi Naik Bus, Anti Rewel. Ilustrasi Foto : Pixabay
0 Komentar

Ragam – Salah satu suasana yang ditunngu saat lebaran adalah mudik ke kampung halaman. Namun, hal tersebut harus menjadi perhatian apabila kamu membawa si kecil dalam perjalanan. Terlebih naik kendaraan umum seperti bus.

Kecemasan si kecil akan rewel selama perjalanan terus ada dibayangan. Idealnya, anak kecil dibawa perjalanan menggunakan transportasi umum adalah saat usia 3 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan anak dengan usia dibawah 3 tahun pun diikutsertakan dalam perjalaan.

Untuk menghindari kekhawatiran orangtua, berikut beberapa tips mudik jika membawa bayi dari beberapa sumber yang telah dilansir.

Baca Juga:Kabar Baik! Tiket Kereta Api Gratis Mudik Motor 2022, Begini CaranyaCatat! Hal yang Membuat Orangtua Bahagia, Kamu Sudah Melakukan yang Mana?

Catat! Tips Mudik Bawa Bayi Naik Bus, Anti Rewel

Pilih perjalanan malam

Dengan memilih perjalanan di malam hari diharapkan bayi tertidur pulas karena malam hari adalah jamnya untuk tertidur.

Kenapa? Karena kalau malam bayinya tidur. Hahaha. Kita gak perlu sibuk nenangin kalau dia rewel karena mostly dia akan tidur. Lagian biasanya bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) beroperasinya malam hari.

Ceritakan dari jauh-jauh hari

Ceritakan maksudnya memberikan penjelasan kepada anak/bayi bahwa mereka akan melakukan perjalanan jauh memakai bus. Ucapkan pula afirmasi positif bahwa sang ibu memerlukan bantuan anak agar anak tenang selama perjalanan.

Ucapkan terus berulang-ulang sampai waktu perjalanan jauh itu tiba.

Bawa bekal makanan, mainan, dan baju ganti yang cukup

Jika anaknya sudah MPASI, orangtua dapat membawa bekal makanan yang anak gemari. Seperti sereal dapat dijadikan pilihan yang praktis.

Siapkan juga mainan favorit anak agar mainan ini membantu menangani ketika anak rewel di perjalanan. Cukup bawa mainan yang kecil agar tidak memakan banyak tempat.

Perlindungan Kuman

Transportasi umum banyak sekali digunakan orang. Siapa saja ada di dalamnya dan ada berapa kuman yang ada disana. Jika bayi masih muda, pastikan badannya terselimuti dengan baik.

 

0 Komentar