Waspada! Ini Penyebab Perut Kembung Setelah Makan dan Sering Buang Angin

Waspada! Ini Penyebab Perut Kembung Setelah Makan dan Sering Buang Angin (ilustrasi perut kembung)
Waspada! Ini Penyebab Perut Kembung Setelah Makan dan Sering Buang Angin (ilustrasi perut kembung)
0 Komentar

KESEHATAN – Jika kita pernah atau bahkan sering mengeluhkan perut kembung dan sering sendawa dan buang angin, maka penyebabnya, Menurut dr. Riza Marlina, hal ini dapat dikaitkan dengan sejumlah hal.

Bagi seseorang yang sering makan terlalu cepat, suka mengunyah permen karet, atau hobi makan kol dan brokoli, disebut-sebut bisa menjadi pemicunya.

Selain hal tersebut di atas, seseorang yang sering mengeluhkan kembung, bersendawa dan buang angin, bisa juga dipicu oleh kondisi kesehatan tertentu.

Baca Juga:Cara Membuat Ketupat Lebaran dari Daun Kelapa yang Enak dan SimpelNiat Membayar Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga, Jangan Sampai SALAH!

Bagi seseorang yang kekurangan enzim pencernaan, menurut dr. Riza Marlina, juga bisa kerap melaporkan keluhan yang serupa.

Lalu, seseorang yang memiliki intoleransi laktorsa, penyakit radang usus, meminum obat diabetes dan obat pencahar, adalah pemicu lainnya.

“Untuk memastikan kemungkinan penyebab yang dialami, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter secara langsung,  atau bisa melakukan konsultasi dengan dokter penyakit dalam,” saran dr. Riza Marlina.

Waspada! Ini Penyebab Perut Kembung Setelah Makan dan Sering Buang Angin

Untuk sementara ini, ada sejumlah tips yang bisa dilakukan, untuk meredakan keluhan perut kembung, sendawa dan buang angin

Berikut tips dari dr. Marlina, seperti dilansir dari FIN via Alodokter.

  1. Tidak makan dengan berlebihan dan tidak terlalu cepat
  2. Mengurangi asupan makanan yang menghasilkan gas
  3. Mengonsumsi suplemen atau probiotik salah satu pencegahan dan mengatasi perut kembung

Perut Sakit, Mual dan Demam? Awas Batu Ginjal

Jika menemukan ada darah saat seseorang kencing atau buang air kecil. Serta menyadari ada rasa sakit  pada bagian samping, atau belakang tubuh, maka bisa dipastikan hal itu adalah ciri-ciri menderita batu ginjal.

Baca Juga:Operasi Pasar Murah, Langkah Strategis Penanganan Soal Minyak GorengPom Mini Mobile Wilayah Cileunyi dan Nagrek Layani Pemudik, Bantu yang Kehabisan Bensin

Batu ginjal merupakan kristal kecil terbuat dari mineral dan garam, yang terbentuk dalam ginjal dan keluar melalui saluran air kencing Anda.

Dalam kebanyakan kasus, batu ginjal keluar melalui urine, namun pada kasus yang berat, Anda membutuhkan operasi untuk menyingkirkannya.

Gejala lain yang muncul akibat batu ginjal ialah seperti, rasa sakit pada perut, mual-mual serta demam. (Jni)

0 Komentar