Kapan Hari Raya Idul Fitri 2022? Muhammadiyah Tanggal 02 Mei, Pemerintah Menunggu Hilal!

Kapan Hari Raya Idul Fitri 2022? Muhammadiyah Tanggal 02 Mei, Pemerintah Menunggu Hilal! (ilustrasi teleskop memantau hilal)
Kapan Hari Raya Idul Fitri 2022? Muhammadiyah Tanggal 02 Mei, Pemerintah Menunggu Hilal! (ilustrasi teleskop memantau hilal)
0 Komentar

IDUL FITRI – Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sudah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada Senin 2 Mei 2022.

“Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengimbau agar Sholat Idul Fitri dan segenap rangkaiannya, seperti takbiran, pelaksanaan zakat fitrah, dan lain sebagainya dapat diselenggarakan dengan khusyuk dan saksama,” terang Sekretaris PP Muhammadiyah Agung Danarto, Selasa 26 April 2022.

Agung memberikan pengingat, seluruh pelaksanaan rangkaian perayaan ibadah Idul Fitri 1443 Hijriah, dilaksanakan dengan tetap menjaga protokol kesehatan (prokes), seperti menggunakan masker dan lain sebagainya.

Baca Juga:Ridwan Kamil Apresiasi Kebersamaan Lewat BUBOS6Rp. 15 M Subsidi untuk Warga Kurang Mampu

“Kesempatan Hari Raya Idul Fitri harus dimanfaatkan untuk menjaga solidaritas dan memperkuat silaturahim,” jelasnya.

Agung pun berharap, pelonggaran yang diberikan oleh pemerintah bisa dimanfaatkan dengan bijak oleh masyarakat, yaitu dengan menjalin silaturahmi secara fisik pada momen Lebaran setelah sebelumnya tidak bertemu langsung.

“Muslimin dan Muslimat dimanapun berada untuk memanfaatkan Hari Raya Idul Fitri ini untuk memelihara silaturahmi dengan mengucapkan salam, atau mengunjungi sanak kerabat dalam rangka untuk menjaga silaturahmi setelah dua tahun terdampak Covid-19 tidak sempat untuk melaksanakan silaturahim,” paparnya.

Agung memberi himbauan, Untuk para pemudik agar tetap waspada dan berhati-hati di jalan agar selamat sampai tujuan

“Bagi pemudik diharap untuk tidak memaksakan diri dalam berkendara, jika badan dirasa sudah lelah dan mengantuk supaya untuk istirahat,” jelasnya.

Kapan Hari Raya Idul Fitri 2022? Muhammadiyah Tanggal 02 Mei, Pemerintah Menunggu Hilal!

Lalu, Kapan hari raya Idul Fitri yang merujuk pada Pemerintah?

Jika kita ikut Pemerintah, maka menunggu hasil keputusan Sidang isbat Idul Fitri 2022, yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) pada Minggu, 1 Mei 2022.  Bertempat di Auditorium HM Rasjidi Kemenag dengan agenda penetapan Syawal 1443 H

Baca Juga:Pemprov Jabar Gelar Operasi Pasar Murah, Jelang Hari Lebaran, Bantu Warga Menikmati Bahan Pokok PremiumJumlah Toko di Mal Dikurangi Antisipasi Lonjakan Pengunjung

Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin menyatakan, secara hisab posisi hilal di Indonesia ketika sidang isbat awal Syawal 1443 H mendatang, telah  memenuhi kriteria baru yang ditetapkan Mabims (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura), sehingga cara ini nantinya bisa ditentukan kapan hari raya Idul Fitri 2022

“Di Indonesia, pada 29 Ramadan 1443 H yang bertepatan dengan 1 Mei 2022 tinggi hilal antara 4 derajat 0,59 menit sampai 5 derajat 33,57 menit dengan sudut elongasi antara 4,89 derajat sampai 6,4 derajat,” terang Kamaruddin dikutip dari laman resmi Kemenag via Disway

0 Komentar