Asal -Usul Kastengel, Kue Keju yang Banyak Diminati

kue kastengel
Kastengel or Kaasstengels cookies in a plastic container.
0 Komentar

RAGAM-Kastengel merupakan kue kering hang bercita rasa asin dan gurih. Kue kering satu ini cocok dihidangkan saat lebaran atau hari besar lainnya.

Kue kering yang berbahan dasar keju ini merupakan resep asli dari Belanda. Resep kastengel dikenalkan oleh nyonya Belanda sejak zaman dahulu.

Kastengel sejak zaman dulu dihidangkan sebagai sajian yang istimewa. Berbahan dasar keju membuat kue kering ini hanya dapat dinikmati oleh kalangan terbatas.

Baca Juga:Resep dan Cara Membuat Kue Nastar Khas Idul FitriMengapa Lebaran Identik dengan Kue Kering? Ini Penjelasannya

Kastengel bernama aali ‘kaasstengels’ yang berasal dari kata kaas (keju) dan stengels (batangan). Jadi secara etimologi kastengel berarti kue keju batangan.

Kue kering satu ini berbentuk batangan dengan panjang sekitar 3-4 cm dan lebar 1 cm, dan dipanggang di dalam oven hingga kuning keemasan.

Di negara asalanya Belanda kastengel berbeda jauh dengan di Indobesia. Bentuknya lebih panjang, lebih dari 30 cm. Jika di Indonesia bentuk kastengel ini menyesuaiakan, lebih kecil yaitu seukuran 4 cm.

Di Indonesia, kastengel banyak disajikan saat perayaan hari raya keagaaman Natal maupun Idul Fitri. Kastengel seperti menjadi sajian wajib saat hari raya tiba. (cdp)

0 Komentar