oleh

Mengapa Lebaran Identik dengan Kue Kering? Ini Penjelasannya

FOOD-Lebaran bukan hanya menjadi perayaan semata, tetapi juga meninggalkan suasana yang selalu dirindukan tertuma dengan sajian makanannya.

Selain hangatnya suasana saat mudik ke kampung halaman, tetapi ada juga spesialnya aneka makanan yang hanya muncul di hari Lebaran.

Selain ketupat dan opor ayam, kue kering juga sering diidentikan dengan Lebaran. Kira-kira kenapa ya? Berikut ini penjelasannya :

– Di antara banyaknya jenis kue kering Lebaran, kebanykan mungkin akan menjawab nastar dan kastangel. Siapa sangka kalau keduanya dibawa masuk oleh orang-orang Belanda yang selalu membuatnya di setiap momen perayaan.

Kebiasaan ini pun menjadi tradisi yang melekat di masyarakat dan kini kue kering jadi suguhan wajib, bukan hanya saat Lebaran tetapi juga saat perayaan Natal maupun Tahun Baru.

– Mempererat Silaturhmi
Lebaran sering dijadikan momen istimewa untuk berkumpul bersama keluarga atau kerabat yang jarang ditemui.

Maka tidak heran jika tuan rumah menyajikan berbagai makanan dalam jumlah yang cukup melimpah. Salah satunya kue kering untuk menjamu para tamu yang datang untuk bersilaturahmi.

– Mendatangkan Kehangat di Rumah
Semerbak kue kering yang dipanggang di rumah bikin suasana terasa lebih hangat. Walau lebih ribet, proses membuat kue sendiri dijamin menghadirkan kehangat tersendiri dalam keluarga.

Tidak heran, jika kue buatan sendiri seringkali jadi favorit dan membuat siapa pun kangen untuk mencicipinya. (cdp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.