Akibat Terlalu Banyak Makan Santan, Berikut Tips Sehat Mengonsumsinya Saat Lebaran

Akibat Terlalu Banyak Makan Santan, Berikut Tips Sehat Mengonsumsinya Saat Lebaran
Akibat Terlalu Banyak Makan Santan, Berikut Tips Sehat Mengonsumsinya Saat Lebaran. Ilustrasi Foto : pixabay
0 Komentar

Health – Memeriahkan Idulfitri rasanya kurang terasa jika tidak menghidangkan makanan bersantan. Seperti, opor ayam, gulai kambing, rendang daging, dan lainnya.

Rasanya yang gurih membuat aneka ragam makanan khas lebaran tersebut banyak disukai orang. Padahal, perlu diketahui bahwa ada banyak bahaya santan yang mengintai apabila dikonsumsi terlalu sering atau berlebihan.

Bahaya makan makanan bersantan berlebihan

Meskipun terdapat beberapa manfaat santan bagi kesehatan, kamu tetap perlu waspada untuk mengonsumsinya dengan baik.

Baca Juga:Kumpulan Resep Bolu Kukus Lembut dan Enak, Anti GagalBikin Betah! Inspirasi Cat Rumah Simpel dan Menarik

Sebab, makanan bersantan identik tinggi kandungan lemak jenuh, sehingga bila dikonsumsi terlalu sering atau dalam jumlah banyak dapat menimbulkan berbagai risiko bagi kesehatan.

Lemak jenuh pada makanan ini tidak hanya berasal dari santan yang dimasak, melainkan juga dari daging, jeroan, atau makanan berlemak lainnya yang menjadi bahan masakannya.

Menurut American Heart Association, mengonsumsi terlalu banyak makanan mengandung lemak jenuh dan bersantan dapat meningkatkan risiko munculnya penyakit kronis, seperti jantung koroner.

Adapun berbagai bahaya makan makanan bersantan secara berlebihan adalah sebagai berikut.

Berat badan yang naik

Santan memiliki lemak dan kalori yang tinggi, sedangkan hidangan bersantan biasanya memakai lebih dari secangkir santan.

Hal tersebut tentu dapat memicu lonjakan pada angka timbangan kamu. Bahaya kenaikan berat badan saat puasa dan lebaran pun bisa terjadi, terutama apabila tidak dibersamai denga olahraga rutin atau aktivitas fisik lainnya.

Alami gangguan pencernaan

Sebagian orang, mengonsumsi makanan mengandung santan bisa memicu gangguan pencernaan. Jika dikonsumsi secara berlebihan, kamu dapat merasakan diare, atau bahkan sembelit.

Baca Juga:Semarak Lebaran! Link Twibbon Idul Fitri 2022, Download Gratis Berikut Cara MemakainyaCatat! Rekomendasi Film & Serial Tentang Dunia Kuliner

Jika kamu sedang berpuasa dan ingin berbuka dengan makanan bersantan, sebaiknya hindari jenis makanan ini karena akibatnya yang dapat meningkatkan asam lambung. Terlebih, bila Anda mengonsumsinya saat perut dalam kondisi kosong.

Sebab, santan bisa mengakibatkan lambung sulit untuk mencerna makanan serta memicu rasa nyeri yang tak tertahankan.

Risiko alergi

Meski kelapa dikategorikan sebagai buah, kandungan nutrisi yang terdapat dalam santan mirip dengan kacang-kacangan. Oleh karena itu, santan mungkin saja dapat menyebabkan alergi pada sebagian orang.

0 Komentar