Inilah 5 Langkah Periksa Kondisi Mobil Sebelum Mudik

otomotif
Professional mechanic working on the engine of the car in the garage. Car repair service.
0 Komentar

OTOMOTIF-Jangan jadikan perjalanan mudik tahun ini menjadi perjalanan yang tidak menyenangkan akibat pemilik kendaraan lalali memeriksa kondisi mobil sebelum melakukan perjalanan mudik.

Masyarakat yang hendak mudik menggunakan kendaraan pribadi, harus mengecek kondisi mobil sebelum perjalanan.

Hal tersebut demi menciptakan kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Inilah 5 langkah periksa kondisi kendaraan sebelum mudik :

Baca Juga:Apa Arti Istilah Mudik?Inilah 4 Pilihan Keju Untuk Bahan Membuat Kue Kastengel

1. Cek Mesin Secara Menyeluruh
Pengecekan mesin secara menyeluruh perlu dilakukan karena mobil akan melakukan perjalanan dengan total jarak tenpuh hingga ratusan kilometer. Mekanik biasanya akan mengecek bagian komponen oli, baik dari segi keenceran atau volumenya, filter oli, hingga yang lainnya.

2. Cek Kondisi Ban
Ban mobil juga harus di cek secara detail. Jika kondisi permukaan ban sudah mulai botak, maka kamu perlu menggantinya. Jangan sampai cengkraman ban mobil tidak optimal karena dapat mengabitakan muncul masalah selip saat melintasi jalan licin.

3. Air Radiator
Menempuh perjalanan yang cukup jauh, apalagi saat mudik hingga ratusan kilometer dapat membuat mesin mobil rentan menjadi panas. Akan tetapi dengan adanya air radiator, mesin mobil dapat berada di tingkatan suhu yang tepat.

4. Cek Kondisi Rem
Ini penting, kamu harus pastikan rem mobil tidak blong. Bagian tersebut merupakan salah satu yang paling fatal, apabila rem mobil tidak bekerja dengan baik.

Karena, salah satu terjadinya kecelakaan lalu lintas adalah adanya masalah pada rem. Bukan kamu saja yang celaka, tapi bisa merugikan orang lain, hingga nyawa taruhannya.

5. Cek Kelistrikan Mobil
Bagian mengecek kelistrikan pada mobil sangat penting. Hal ini karena, kelistrikan yang berasal dari aki dapat mempengaruhi kinerja beberapa komponen lain, seperti lamu mobil, hingga sistem starter.

Maka sebelum berangkat mudik, pada jauh-jauh hari kamu wajib memeriksa bagian mobil kamu. Agar perjalanan aman dan juga nyaman. (cdp)

0 Komentar