Tower Masjid SMA Plus Astha Hannas Subang jadi Tempat Pantauan Hilal Lebaran 2022 di Jabar, Masyarakat Bisa Lihat Real Time Via Link Ini

kapan puasa 2023
ILUSTRASI Memantau hilal
0 Komentar

SUBANG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Bandung akan melaksanakan Rukyat Hilal 1 Syawal 1443 Hijriah di Subang, Jawa Barat, hari ini, Minggu 1 Mei 2022.

“Tim Stasiun Geofisika Bandung akan melakukan pengamatan di Tower Masjid SMA Plus Astha Hannas Subang,” kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Teguh Rahayu.

Kegiatan pemantauan syawal bakal dipimpin Teguh Rahayu selaku Kepala Stasiun Geofisika Bandung. Selain itu, pengamatan hilal juga akan dihadiri Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, sejumlah Kementerian Agama kota/kabupaten di Jabar, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Subang, Badan Hisab Rukyat Daerah (BHRD) Kabupaten Subang, dan Tim Rukyatul Hilal Yayasan Astha Hannas Subang.

Baca Juga:Jangan Lewatkan Jadwal Lengkap Sidang Isbat Lebaran 2022UPDATE Arus Mudik: Jelang Hari Raya Idul Fitri, Jalur Pantura Subang Lancar

BMKG: Potensi Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah Indonesia Hari Ini Berdasarkan data prakiraan cuaca pada 1 Mei 2022, di wilayah Subang pada sore hingga malam hari diperkirakan dalam kondisi hujan ringan.

Mekanisme pengamatan atau rukyat hilal penentu awal bulan Qomariah atau Hijriah oleh BMKG adalah dengan memanfaatkan teleskop/ teropong yang otomatis terintegrasi dengan teknologi informasi.

Kemudian data yang diperoleh tersebut dikirim secara real time ke server di BMKG Pusat dan disimpan untuk disebarluaskan secara online ke seluruh dunia melalui https://www.bmkg.go.id/hilal.

Masyarakat dapat ikut melihat hilal penentu awal Syawal 1443 H pada Minggu sore hingga petang, secara daring dengan mengakses laman BMKG https://www.bmkg.go.id/hilal dari rumah masing-masing.

“Untuk mengawali bulan Syawal 1443 H/2022 M, umat Islam Indonesia sebaiknya menunggu keputusan Menteri Agama Republik Indonesia yang akan diumumkan pada tanggal 1 Mei 2022 malam, setelah sidang isbat,” tutur Rahayu.

 

0 Komentar