Pulang Mudik Menggunakan Motor, Jangan Lupa Cek Kondisi Oli

service oli motor
Image is close up. People holding hand are repairing a motorcycle Use a wrench and a screwdriver to work.
0 Komentar

OTOMOTIF-Bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor dan telah kembali ke kota asal, disarankan untuk tidak lupa mengecek kendaraan, guna memastikan motor dalam kondisi baik.

Meski sebelum mudik sudah melakukan servis tak ada salahnya kembali mengecek berbagai komponen. Salah satunya yaitu mengecek kondisi oli motor setelah perjalanan jauh.

Pengecekan kapasitas oli bisa melalui tuas level oli. Pada tuas tersebut tersedia indikator atas (uper) dan bawah (lower).

Baca Juga:Cara Membersihkan Sofa Kain Tanpa AirRumah Ditinggal Mudik Lebaran Cukup Lama? Hati-hati Disambangi Ular

Tuas level oli biasanya terletak dekat knalpot motor skuter matik (skutik), sedangkan pada motor bebek dan sport biasanya ada di bagian kanan dekat tuas rem belakang.

Untuk mengecek kondisi oli, biasanya dilihat dari warnanya. Jika sudah hitam atau berubah warna, sebaiknya segera diganti.

Jika sudah mengetahui kondisi oli, untuk mengecek kapasitasnya bersihkan terlebih dahulu tutup oli tersebut.

Setelah dibersihkan, masukkan kembali tutup oli ke lubang masuk, tidak perlu dikencangkan. Lalu ambil kembali, biasanya akan ada sisa oli di batang pengukurnya.

Jika sisa oli ada di antara batas upper dan lower, berarti kapasitas oli kurang.

Nah harus diingat, ketika ingin mengecek kapasitas oli motor harus menggunakan standar tengah dan di atas di permukaan yang datar. (cdp)

0 Komentar