Imbau Warga Jaga Kesehatan Saat Cuaca Ekstrem

Imbau Warga Jaga Kesehatan Saat Cuaca Ekstrem
0 Komentar

SUBANG-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem di 29 wilayah di Indonesia. Menurut perkiraan BMKG, beberapa wilayah di Jawa Barat termasuk berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang hingga beberapa hari ke depan.

Kepala Puskesmas Pamanukan dr Bahtiar Rivai meminta masyarakat untuk waspada dan menjaga kesehatan. Apalagi di tengah cuaca yang sehari-harinya alami perubahan. “Bisa dirasakan bener terakhir ini, ketika panas terasa sangat panas tapi bisa juga tiba-tiba hujan,” kata dr Bahtiar.

Dia mengimbau agar masyarakat waspada terhadap beberapa penyakit seperti influenza, demam, diare hingga penyakit seperti cikungunya atau DBD.

Baca Juga:Pemilik Enggan Hibahkan Tanah untuk Jalan Cipeundeuy-Serangpanjang, Bupati Siapkan Dua SolusiKades Cirende Purwakarta Apresiasi Realisasi Dana CSR Bangun Jalan Desa

“Karena sangat rawan sekali dengan kondisi seperti ini, cuaca berubah juga hujan yang kadang ada banyak genangan dari sisa-sisanya, itu harus diwaspadai,” imbuhnya.

Dokter Bahtiar menyarankan agar kebersihan senantiasa dijaga baik di lingkungan rumah maupun dalam pola perilaku hidup.

Selain itu, dalam kondisi saat ini disarankan untuk mengonsumsi makanan seperti sayuran dan buah-buahan.

“sayur dan buah merupakan makanan kaya akan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, mengonsumsi makanan sehat berprotein juga dapat meningkatkan serta memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Ketika kekebalan tubuh baik, tubuh mampu menghalang berbagai bakteri dan virus yang datang,” jelasnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan agar meminum air mineral dengan cukup. Sebab air mineral memiliki banyak khasiat bagi tubuh.

“Air mineral dapat menjaga keseimbangan tubuh, meningkatkan energi pada otot-otot, serta meningkatkan metabolisme tubuh. Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, tubuh dapat memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik dan kuat,” tuturnya.(ygi/ysp)

0 Komentar