Jangan Sepelekan! Ternyata Begini Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala

Jangan Sepelekan! Ternyata Begini Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala
0 Komentar

PASUNDANEKSPRES, Health – Bagi sebagian orang tidur dengan lampu menyala merupakan hal yang biasa. Dengan alasan takut gelap dan merasa sudah terbiasa tidur dalam keadaan lampu tetap menyala.

Namun faktanya ternyata terdapat bahaya ketika tidur dengan lampu menyala, baik itu lewat pancaran lampu kamar, cahaya dari handphone, televisi, komputer atau laptop.

Selain dari merusak kualitas tidur, inilah bahaya tidur dengan lampu menyala yang berhasil dirangkum dari beberapa sumber.

Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala

1. Kesehatan reproduksi yang terganggu

Baca Juga:Ternyata Ini Penyebab Kenapa Video TikTok Tidak FYP dan Cara Mengatasinya!Bapenda Kabupaten Karawang Optimis Pajak Restoran di Karawang Naik

Sejumlah penelitian menemukan bahwa paparan sinar cahaya pada malam hari dapat meningkatkan risiko infertilitas.

Uji coba ini dilakukan dengan menggunakan tikus betina yang dibiarkan tidur dalam keadaan lampu menyala, dan menghasilkan bahwa tikus tersebut menjadi tidak subur.

Menurut peneliti, hal ini terjadi karena adanya perubahan ritme sirkadian di dalam tubuh, yang nantinya akan mempengaruhi proses reproduksi pada wanita.

2. Depresi

Bahaya tidur dengan lampu menyala lainnya adalah, berkairan dengan depresi. Hal ini disebabkan karena cahaya biru dari perangkat elektronik akan menimbulkan efek yang buruk untuk suasana hati.

Kurangnya waktu tidur bisa menyebabkan kemurungan dan perasaan lekas marah pada orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak, kurangnya tidur bisa membuat mereka jauh lebih hiperaktif.

3. Kenaikan Berat Badan

Dalam studi yang dipublikasikan National Institutes of Health menunjukan, kenaikan berat badan atau obesitas akan cenderung dialami oleh wanita yang kerap tidur dengan televisi atau lampu yang dibiarkan tetap menyala.

Ada sebanyak 17 persen partisipan pada studi juga yang menunjukkan hal ini, berat badan itu sendiri bisa meningkat dengan angka hampir lima kilo dalam kurun waktu satu tahun. Akan tetapi, lampu pada luar kamar justru tidak menimbulkan efek yang signifikan seperti lampu yang ada berada di dalam kamar.

Baca Juga:Bikin Panas, Nikita Mirzani dan Dinar Candy Bakal Adu Tinju di Atas RingNgebet Nyapres, Erick Tohir Blusukan sampai Wanareja Subang

Diketahui salah satu penyebab obesitas yang disebabkan oleh kurang tidur adalah asupan makanan. Semakin sedikit tidur yang didapatkan, maka semakin akan semakin banyak makanan yang dikonsumsi. Hal ini dapat memengaruhi waktu makan, di mana seseorang cenderung akan sering makan para larut malam yang tentu saja hal tersebut dapat menambah berat badan.

0 Komentar