Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Malam Hari, agar Tidur Jadi Nyenyak

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Malam Hari, agar Tidur Jadi Nyenyak
0 Komentar

HEALTH-Bagi sebagian orang, pilek dan hidung tersumbat menjadi penyakit yang sering menganggu keseharian. Orang yang mengalami hidung tersumbat akan sulit bernapas, hingga saat tidur pun menjadi tidak nyenyak.

Cara yang sering dipakai saat hidung tersumbat biasanya akan mengubah posisi tidur dari arah kanan dan kiri agar bisa bernapas.

Namun ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meredakan hidung tersumbat saat akan tidur.

Baca Juga:Resep Potato Balls, Camilan Lezat untuk Sore Hari4 Cara Menjaga Kesehatan Mental agar Pikiran Tetap Positif

Hidung tersumbat terjadi ketika jaringan dan pembuluh darah yang ada di sekitar hidung menjadi bengkak akkbat adanya cairan berlebih.

Kondisi ini mungkin disertai pula dengan keluarnya ingus. Beberapa kondisi hang mungkin bisa membuat hidung tersumbat antara lain pilek, flu, alergi, dan sinutis.

Berikut ini langkah-langkah mudah untuk mengatasi hidung tersumbat :

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Malam Hari, agar Tidur Jadi Nyenyak

1. Cuci Hidung dengan Air Garam
Selain bisa melegakan hidung tersumbat, metode ini juga bisa menghilangkan virus dan bakteri yang berada di dalam hidung. Kamu bisa membuat larutan air garam di rumah.

Bahanya adalah tiga sendok teh garam dan satu sendok teh baking soda. Aduk rata kedua bahan ini, lalu simpan di wadah yang kedap udara.

Kemudian bersandarlah ke wastafel sambil memiringkan kepala. Tuangkan larutan ini ke salah satu lubang hidung, biarkan karutan itu mengalir keluar dari lubang hidung lainnya.

2. Minum Banyak Cairan
Cairkan dapat membantu mengencerkan lendir dan mungkin bisa mencegah sinus tersumbat. Selain itu, mengkonsumsi banyak cairan juga bisa menjaga tenggorokan tetap lembab.

3. Tidur dengan Bantal Ekstra
Sedangkan berikutnya ialah tidur dengan bantal ekstra. Cara ini mungkin bisa membantu menjadikan tidur kamu lebih nyenyak. Tidur dengan dua bantal di bawah kepala bisa membantu meringankan hidung tersumbat.

Baca Juga:Rekomendasi Menu Makan Siang Sehat dan SederhanaSepak Bola ndonesia Hadapi Thailand di Semifinal SEA Games 2021

4. Sering Buang Ingus
Jika kamu mengalami hidung tersumbat, maka bisa dengan membuang ingus. Sangat penting melakukan hal ini secar teraratur, namun lakukanlah dengan cara yang tepat.

Mengeluarkan ingus dengan tekanan yang terlalu keras bisa membawa kuman kembali ke telinga kamu. Cara terbaik membuang ingus adalah menutup aliran udara dengan jari di satu lubang hidunh ketika kamu membuang ingus dengan lubang satunya. (cdp)

0 Komentar