TMMD Ke-113, Jalur Lingkar Timur Segera Terwujud

TMMD Ke-113, Jalur Lingkar Timur Segera Terwujud
ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES TMMD KE-113: Para personel TNI bersama warga bersiap melanjutkan pengerjaan program TMMD ke-113 dengan sasaran pokok berupa pengecoran jalan sepanjang 435 meter.
0 Komentar

Dukungan TNI untuk Percepatan Pembangunan

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa melalui rilisnya menyebutkan, TNI memiliki program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Program ini dapat dimanfaatkan pemerintah kabupaten/kota sebagai percepatan pembangunan. “TNI ada TMMD. Pemda tidak bayar kami lagi, Pemda hanya siapkan bahan proyeknya dan lokasinya,” kata Jenderal Andika.

ADAM SUMARTO, Purwakarta

TAHUN ini TMMD ke-113 dilaksanakan di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di Kabupaten Purwakarta. Wilayah ini merupakan wilayah teritorial Kodim 0619/Purwakarta yang bernaung di bawah Korem 063/Sunan Gunung Jati dan masuk ke dalam komando kewilayahan Kodam III/Siliwangi.

TMMD ke-113 ini dilaksanakan di Desa Wanawali, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta. Sasaran pokoknya adalah pelebaran bahu kiri kanan jalan selebar 85 cm, pembangunan drainase kiri kanan jalan sepanjang 225 meter, pembangunan gorong-gorong dengan panjang tujuh meter dan diameter 50 cm, serta pengecoran jalan sepanjang 435 meter dengan lebar lima meter.

Baca Juga:Nyata Kembangkan UMKM, Sandiaga Didukung Emak-EmakAnak Terlibat Pidana Akan Mendapatkan Pendidikan

Untuk sasaran tambahan, di antaranya berupa rehab rumah tidak layak huni (rutilahu) sebanyak tiga unit dan sarana air bersih satu unit. Adapula fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK) komunal sebanyak dua unit, yakni satu unit dua pintu dan unit lainnya empat pintu. Sasaran tambahan lainnya adalah ketahanan pangan berupa penanaman palawija di lahan seluas dua hektare.

Tak hanya pembangunan fisik, TMMD juga membangun sumber daya manusia desa setempat melalui kegiatan nonfisik. Di antaranya, penyuluhan bahaya narkoba, pengetahuan hukum, edukasi pemilu, hingga pendidikan bela negara dan wawasan kebangsaan. Tak sampai di situ, ada pula sosialisasi penanggulangan bencana alam, posyandu, pencegahan stunting.

Pesan Kasdam III/Siliwangi

TMMD ke-113 di Kabupaten Purwakarta dibuka langsung oleh Kepala Staf Kodam (Kasdam) III/Siliwangi Brigjen TNI Asep Syaripudin pada 11 Mei 2022 lalu. Saat itu Kasdam mengatakan, target utama TMMD adalah terwujudnya masyarakat yang penuh rasa syukur dan memiliki ketahanan nasional yang baik.

“Untuk mewujudkan hal tersebut tahapan yang harus dicapai adalah terjadinya kemanunggalan dan kebersamaan. Semua stakeholder di dalamnya terlibat. Mulai dari Bupati, Dandim dan unsur lainnya, tentu saja juga dengan dukungan pemprov. Semuanya bersinergi,” kata Kasdam di lokasi TMMD.

0 Komentar