oleh

Inilah Beberapa Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinnya

HEALTH-Rambut rontok adalah salah satu masalah yang sering dialamai perempuan terutama saat keramas. Biasanya kita sering mendapati rambut rontok saat keramas.

Rambut rontok saat keramas biasanya disebabkan karena rambut sudah lemah dan rapuh. Karena mungkin bisa dari berbagai faktor lingkungan dan faktor personal.

Banyak perempuan yang menjadi khawatir dan memutuskan untuk mengurangi frekuensi keramas dan berharap itu akan mengurangi kerontokan rambut. Padahal keramas itu penting bagi kebersihan, kesehatan rambut dan kulit kepala.

Bukan hanya soal keramas. Secara umum, rambut rontok berlebih bisa disebabkan oleh beberapa faktor berikut:

Inilah Beberapa Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinnya.

1.Penyakit kulit di kepala.
Kondisi penyakit pada kulit kepala mempengaruhi pertumbuhan rambut. Ketika kulit kepala tidak sehat dan meradang tentu akan memicu kerontokan rambut.

2. Kekurangan vitamin dan nutrisi.
Kekurangan protein ternyata bisa berpengaruh terhadap kesehatan rambut karena protein adalah zat pembangun utama tubuh, termasuk sel rambut. Tak hanya protein, kekurangan zat besi juga bisa membuat rambut mudah patah dan menipis.

3. Perubahan hormon.
Saat fase ini terjadi, rambut akan mengalami kerontokan setiap harinya dan setiap hari semakin banyak. Namun, tidak menyebabkan kebotakan.

4. Stres.
Segala macam trauma fisik dan emosi seperti stres berat, kecelakaan, melahirkan, dan penyakit serius menjadi penyebab rambut rontok berlebih. Biasanya kondisi ini hanya berlangsung sementara, kondisi ini disebut telogen effluvium.

Beberapa kasus rambut rontok berlebih memerlukan perawatan yang tepat. Rambut akan bisa tumbuh tebal kembali dalam waktu singkat, terutama jika akar masalah rambut rontok sudah teratasi.

Agar rambut rontok berlebih bisa diatasi dan tidak semakin parah. Langkah pertama pencegahannya adalah dengan membatasi penggunaan alat pemanas rambut seperti mencatok rambut, mengkriting rambut. Selain itu hindari mewarnai rambut, karena pewarna rambut biasanya terbuat dari bahan kimia.

Jangan lupa memakai vitamin rambut setelah keramas untuk melindungi rambut. Jangan mengikat serta menyisir rambut jika rambut masih dalam keadaan basah. Solusi terbaik untuk rambut rontok adalah dengan menutrisinya agar lebih kuat.

Mari kita menjaga kesehatan rambut mulai dari sekarang agar penyebab rambut rontok berlebihan tidak terjadi lagi. (cdp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.