oleh

Mulai 5 Prinsip Hidup Sederhana Berikut, Agar Kamu Mudah Mencapai Tujuan

Ragam – Ketika datang ke konsep hidup sederhana atau minimalis, mayoritas orang mendambakan memiliki sejumlah kecil barang atau menggunakan pakaian yang semuanya berwarna sama.

Namun, kamu harus tahu bahwa tidak selalu demikian. Filosofi hidup minimalis berfokus hanya pada aspek paling penting dari kehidupan seseorang. Filosofi hidup ini mungkin benar-benar membantu kamu untuk fokus menemukan semangat hidup kamu dan bahkan mencapai tujuan kamu.

Berikut 5 prinsip hidup sederhana, agar kamu mudah mencapai tujuan

Kenali keinginan kamu

Salah satu alasan tidak dapat mendapatkan keinginan kamu mungkin adalah karena kamu tidak terbiasa hanya berfokus pada aspek terpenting dalam hidup kamu. Kamu memiliki banyak pilihan, namun ternyata justru itulah yang membuat tidak mencapai tujuan kamu.

Kamu tumbuh terbiasa untuk dapat fokus pada hal-hal penting dalam hidup dengan menjalani gaya hidup minimalis, yang mencakup tidak hanya produk, model dan warna pakaian, tetapi juga makanan, aplikasi smartphone, dan pola pikir.

Kamu harus dapat membuatnya sesederhana mungkin dan menghilangkan apa pun yang tidak terlalu dibutuhkan.

Manfaatkan waktu sebaik-baiknya

Berfokus pada sesuatu yang penting dapat membuat kamu memiliki lebih banyak waktu dan menjadi lebih produktif. Minimalis biasanya tidak mudah terganggu karena mereka terbiasa membedakan antara apa yang penting dan apa yang tidak dalam hidup mereka. Seseorang yang hidup dengan ide ini juga memperhitungkan kualitas di atas kuantitas, serta berlalunya waktu.

Menurut Oregon State University, meminimalkan multitasking dan mengurangi gangguan internal dan eksternal dapat membantu waktu belajar menjadi lebih efisien dan sukses.

Seperti, bekerja atau belajar selama dua jam tanpa terganggu lebih baik daripada belajar atau bekerja selama sepuluh jam sambil melakukan banyak hal. Misalnya, membuka media sosial, melihat, bercakap-cakap, dan sebagainya.

Membatasi penggunaan media sosial

Seseorang akan susah menjadi dirinya sendiri jika terlalu banyak memakai media sosial. Sebab semua orang ingin terlihat terbaik dan terindah di media sosial. Jika kamu memakan terlalu banyak informasi, itu akan membuat kamu membandingkan diri kamu dengan orang lain.

Menurut Scientific Research dari Dong Yang University di Korea Selatan, semakin banyak persamaan atau perbandingan yang dibuat seseorang dengan orang lain yang lebih sempurna. Maka, mereka akan memiliki harga diri dan kebahagiaan hidup yang lebih rendah. Jadi, jika kamu merasa seperti itu, bagaimana bisa mencapai tujuan?

Menjaga kesehatan mental

Mentalitas adalah salah satu gangguan paling signifikan bagi banyak individu untuk mencapai keinginan mereka. Tidak berpengaruh seberapa antusias atau brilian kamu; jika sikapmu tidak cukup kuat, maka akan sulit untuk mewujudkannya.

Gaya hidup minimalis sangat berpengaruh terhadap pola pikir dan mental seseorang. Menjalani gaya hidup minimalis memungkinkan kamu untuk melepaskan banyak hal. Dimulai dengan melepaskan barang-barang sebelumnya, seseorang, atau bahkan kebiasaan buruk yang selama ini kamu lakukan.

Percaya pada proses

Pendekatannya diajarkan dengan mengikuti ide hidup minimalis. Karena kamu harus menjalankannya seumur hidup, bukan hanya sekali. Semakin lama kamu menjalaninya, semakin kamu akan belajar tentang diri kamu, minat kamu, dan tujuan hidup kamu. (yrsy/yni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.