Aman Digunakan, Obat Sariawan Anak dari Bahan Alami

Aman Digunakan, Obat Sariawan Anak dari Bahan Alami
Aman Digunakan, Obat Sariawan Anak dari Bahan Alami
0 Komentar

Health – Anak-anak yang menderita sariawan biasanya menjadi rewel, atau bahkan tidak mau makan karena mengeluh perih saat mengunyah makanan. Untuk itu, orangtua harus segera memberikan obat sariawan anak.

Pemberian obat ini dimaksudkan supaya gejala sariawan pada anak tidak bertambah buruk juga agar anak tetap nafsu makan. Sariawan atau dalam istilah medisnya disebut sebagai ulkus aphthous adalah salah satu keluhan mulut yang paling umum.

Meskipun kebanyakan orang hanya mengalami sariawan sesekali, namun dalam Journal of Clinical and Experimental Dentistry dikatakan bahwa sekitar 20 – 30% orang mengalami sariawan yang berulang.

Berkumur dengan Air Garam

Baca Juga:Catat! Berikut Manfaat Beras Merah untuk KesehatanPerlu Diingat, Pengusaha Dihimbau untuk Memberikan Upah Lembur kepada Karyawan yang Masuk Di Tanggal Merah Nasional

Berkumur dengan air garam adalah cara untuk mengatasi sariawan yang alami. Cara ini juga mampu mempercepat penyembuhan sariawan.

Tetapi, membilas mulut dengan larutan garam sebaiknya tidak menggantikan penggunaan obat kumur.

Meski begitu, air garam juga merupakan salah satu cara efektif untuk membantu menjaga kebersihan mulut.

Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut dengan Sikat yang Lembut

Menjaga kesehatan mulut dan berhati-hati saat menyikat gigi supaya tidak menyentuh sariawan juga dapat mempercepat proses penyembuhan.

Apalagi beberapa kasus sariawan juga bisa saja terjadi saat anak menggosok gigi terlalu keras. Memakai sikat gigi yang lembut dapat membantu mencegah sariawan atau iritasi pada mulut.

Menjaga kebersihan mulut yang baik dengan menjaga kebersihan gigi dan gusi akan mencegah timbulnya ulkus

Membuat Mulut Mati Rasa

Saat anak merasa sariawan yang ia alami sangat menyiksa, maka kita mungkin bisa memintanya mengemut batu es atau mengoleskannya pada sariawan untuk meredakan beberapa rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Baca Juga:Bikin Geger, Warga Temukan Bom Perang Dunia IIYuk Intip, Tips Menebalkan Alis dengan Bawang Merah

Sebabnya sensasi dingin akan mematikan sensasi. Tetapi, selalu cairkan permukaan es batu sedikit sebelum menggunakannya langsung ke sariawan.

Mengoleskan Lidah Buaya

Mengoleskan gel lidah buaya langsung ke sariawan juga diprediksi dapat membantu meredakan iritasi, serta mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Ini menjadi obat sariawan anak tradisional yang bisa dicoba.

Meskipun bukti ilmiahnya masih sangat sedikit mengenai manfaat lidah buaya untuk sariawan, U.S National Center for Complementary and Integrative Health menganggap lidah buaya sebagai pilihan yang aman. (orm/yni)

0 Komentar