Soto Banjar, Kuliner Ikonik Kalimantan Selatan

Soto Banjar, Kuliner Ikonik Kalimantan Selatan
0 Komentar

FOOD-Soto merupakan salah satu hidangan khas Indonesia yang variannya sangat beraneka ragam. Hampir semua daerah di Indonesia memilki ciri khas soto masing-masing termasuk Kalimantan Selatan dengan soto Banjarnya.

Soto Banjar merupakan kuliner berkuah bening yang berasal dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kuliner ini terkenal dengan cita rasa rempahnya yang begitu kuat.

Banyak orang mengatakan nama soto Banjar diambil dari suku Banjar yang mendiami sebagian besar wilayah Kalimantan Selatan.

Baca Juga:Suka Sarapan Bubur Ayam? Inilah Fakta Menarik Tentang Bubur AyamMengapa Sarapan Penting Bagi Kesehatan?

Namun, ada juga yang menyebutkan bahwa soto Banjar awalnya merupakan hidangan yang dibawa para tentara dari Demak ketika memberikan bantuan kepada Kerajaan Banjar.

Bumbu dasar dari soto Banjar sebenarnya mirip dengan jenis soto lainnya. Campuran kuahnya terdiri dari kaldu ayam, bawang putih, bawang merah dan lada.

Ciri khas soto ini terletak pada aroma cengkeh, biji pala, kapulaga dan kayu manis yang direbus secara bersama dengan bumbu lainnya. Keempat rempah tersebut membuat soto lebih lezat dan menggugah selera.

Seporsi soto Banjar biasanya terdiri dari kuah kaldu berempah, ayam kampung, bihun, perkedel kentang, potongan telur ayam rebus dan irisan seledri.

Uniknya, soto Banjar ini tidak disajikan dengan nasi. Masyarakat Kalimantan Selatan biasa menyantap soto Banjar dengan potongan lontong atau ketupat.

Meskipun tanpa nasi, penyajian soto bersama lontong atau ketupat tentu membuat soto Banjar mengenyangkan.

Seporsi soto khas Kalimantan Selatan ini cocok disantap saat sarapan, makan siang, maupun makan malam. (cdp)

0 Komentar