20 Rumus Excel yang Sering Digunakan di Dunia Kerja dan Contoh Penggunaannya, Calon Pekerja Harus Tahu!

20 Rumus Excel yang Sering Digunakan di Dunia Kerja dan Contoh Penggunaannya, Calon Pekerja Harus Tahu!
0 Komentar

=PRODUCT(B3,B9).

15. POWER

POWER digunakan untuk menghasilkan suatu bilangan pangkat, misalnya kamu sedang mencari tahu 6 pangkat 12, letakkan angka 6 misal pada kolom A3 dan angka 12 pada B2, maka gunakan rumus di bawah ini:

=POWER(A3,B2)

16. SQRT

Rumus Excel ini berfungsi untuk menghasilkan nilai akar dari bilangan. Misalkan jika kamu ingin mencari tahu akar dari 144, maka bisa menggunakan rumus:

=SQRT(144)

17. CONCATENATE

Rumus Excel ini digunakan untuk menggabungkan suatu data. Misalkan jika kamu ingin menggabungkan data di kolom C1 dan C2, maka rumusnya adalah:

=CONCATENATE(C1;C2)

18. CEILING

Baca Juga:Soal Kelanjutan Proses Pemekaran Pantura Subang, Ini Kata Ketua DPRD SubangKronologi Pemuda Pancasila Bentrok di Stadion Singaperbangsa Karawang, Satu Orang Luka Berat

Rumus ini digunakan untuk membulatkan angka pada kelipatan sepuluh ke angka atas terdekat. Misalkan jika kamu mencantumkan data di B2 sebesar Rp 36.399, jika menggunakan rumus ceiling, akan menentukan hasil pembulatan ke angka atas terdekat menjadi Rp 36.400, dengan rumus:

=CEILING(B2;10)

19. COUNTIF

Rumus COUNTIF adalah merupakan rumus Excel yang digunakan untuk menghitung suatu jumlah sel yang punya kriteria yang sama untuk kebutuhan sortir data.

Misalkan, jika kamu sedang melakukan suatu survei dan ingin tahu kecenderungan orang dalam membaca suatu berita (Online atau Koran), dari 100 responden, berapa orang yang lebih menyukai membaca berita melalui koran. Jika data responden ada di kolom B2 sampai B101, maka rumusnya adalah:

=COUNTIF(B2;B101;”Koran”)

20. PROPER

PROPER berfungsi untuk mengubah huruf pertama pada teks menjadi huruf kapital, misalnya Anda menulis “warga negara indonesia” di el A2, maka gunakan rumus excel ini:

=PROPER(A2) untuk menghasilkan teks “Warga Negara Indonesia”.

Demikian lah itu tadi rumus Excel yang lengkap dari pengolahan data dasar hingga yang menggunakan logika.

Dengan kamu calon pekerja yang menguasai suatu rumus Excel, tentunya akan ada nilai tambah pada diri kamu, karena hal tersebut membuat kamu untuk mengolah suatu data lebih singkat serta mudah. (Erz)

0 Komentar