20 Rumus Excel yang Sering Digunakan di Dunia Kerja dan Contoh Penggunaannya, Calon Pekerja Harus Tahu!

20 Rumus Excel yang Sering Digunakan di Dunia Kerja dan Contoh Penggunaannya, Calon Pekerja Harus Tahu!
0 Komentar

PASUNDANEKSPRES – Bagi para pekerja kantoran mungkin sudah tak asing lagi dengan software yang satu ini, ia adalah Microsoft Excel.

Microsoft Excel merupakan aplikasi yang sangat berguna dalam mengolah suatu data secara otomatis, baik berupa perhitungan dasar (tambah, kurang, bagi, kali) maupun data yang lebih kompleks lainnya

Rumus SUM merupakan rumus dari Excel yang sering digunakan untuk menjumlahkan angka pada sel tertentu. Contohnya, apabila kamu hendak menjumlahkan angka pada sel A2 hingga sel A8 maka rumus yang digunakan:

=SUM(A2:A8)

2. MAX dan MIN

Baca Juga:Soal Kelanjutan Proses Pemekaran Pantura Subang, Ini Kata Ketua DPRD SubangKronologi Pemuda Pancasila Bentrok di Stadion Singaperbangsa Karawang, Satu Orang Luka Berat

Rumus Excel yang satu ini digunakan untuk mencari angka yang tertinggi maupun terendah pada deretan sel yang berisi angka.

Contohnya, jika ingin mencari nilai angka tertinggi dan terendah dari suatu hasil penjualan dari Januari 2020 – Januari 2021, maka masukkan hasil penjualan dari data pada 1 sel deret ke bawah atau ke samping (misal sel A2 sampai sel A10). Maka rumus yang digunakan:

Terbesar: =MAX(A2:A10)

Terkecil: =MIN(A2:A10)

3. AVERAGE

Rumus Excel AVERAGE ini untuk menghitung rata-rata angka pada beberapa jumlah sel. Contohnya, jika sedang mencari rata-rata nilai mata kuliah yang ada pada sel A2 hingga A20, maka bisa menggunakan rumus:

=AVERAGE(A2:A20)

4. COUNT

Rumus COUNT Excel ini berfungsi menghitung jumlah sel yang berisi angka. Contohnya, data pada sel A1 sampai sel M1 ada data angka dan data huruf. Maka, untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka tersebut, kamu bisa menggunakan rumus:

0 Komentar