20 Rumus Excel yang Sering Digunakan di Dunia Kerja dan Contoh Penggunaannya, Calon Pekerja Harus Tahu!

20 Rumus Excel yang Sering Digunakan di Dunia Kerja dan Contoh Penggunaannya, Calon Pekerja Harus Tahu!
0 Komentar

=OR(A1<60;A1.90)

10. NOT

Rumus Excel NOT ini merupakan suatu kebalikan dari rumus AND dan OR. Karena pada rumus ini akan memunculkan jawaban TRUE pada data yang tidak masuk kriteria.

Contohnya, jika ingin mencari tahu “apakah nilai A1 tidak lebih dari 100?” apabila angkanya adalah kurang dari 100 maka akan muncul hasil TRUE. Rumusnya adalah:

=NOT(A1>100)

11. VLOOKUP

Rumus yang satu ini memang cukup sulit bahkan terkesan ribet. Akan tetapi, jika sudah mengerti tujuan dan penggunaan dari rumus ini, maka pekerjaan akan lebih mudah dan ringkas. Rumus Excel VLOOKUP digunakan untuk mencari data secara vertikal atau tegak. Dengan rumus berikut:

=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

Keterangan:

Lookup_value: Isi sel atau nilai yang diketik.

Table_array: Sel atau tabel yang digunakan untuk rujukan pencarian.

Col_Index_num: Kolom yang ditunjukkan untuk mengambil nilai.

Baca Juga:Soal Kelanjutan Proses Pemekaran Pantura Subang, Ini Kata Ketua DPRD SubangKronologi Pemuda Pancasila Bentrok di Stadion Singaperbangsa Karawang, Satu Orang Luka Berat

Range_Lookup: Bisa dikosongkan, bisa juga diisi dengan “True” untuk tabel yang disusun berurutan dengan pencarian diartikan sebagai sama dengan atau lebih kecil. Bisa diisi dengan “False” untuk tabel yang tidak harus berurutan dan diartikan sebagai sama persis.

12. HLOOKUP

Sama seoerti rumus VLOOKUP, rumus Excel HLOOKUP ini digunakan untuk mencari data, namun yang membedakan rumus ini ditujukkan untuk data-data yang horizontal atau mendatar. Dengan rumus yang digunakan adalah:

=HLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

13. CHOOSE

Rumus Excel satu ini digunakan memilih dan menampilkan suatu nilai pada satu list pada nilai. Rumus ini digunakan untuk memilih 1 nilai sampai 254 sesuai dengan nomor indeks.

Contohnya, 1 – 7 merupakan nama hari pada satu minggu, rumus ini juga akan menempatkan nama salah satu hari jika menggunakan nomor indeks 1 sampai dengan 7. Rumusnya adalah:

=CHOOSE(index_num,value1,[value 2],…..)

14. PRODUCT

Rumus Excel ini berguna untuk melakukan perkalian pada data yang ada di suatu range. Rumus Excel ini ditulis seperti di bawah ini:

=PRODUCT(numb1_numb2)

Contohnya, jika ingin mengalikan data pada kolom B3 dan B9, maka rumusnya menjadi

0 Komentar