Kapolres Subang Bersama Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Melakukan Sidak ke Peternakan Sapi

sidak petrnakan sapi di subang
0 Komentar

SUBANG-Sejumlah pihak di Subang berusaha mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak. Salah satunya melalui sidak ke berbagai peternakan. Sidak dalam rangka memastikan hewab bebas penyakit.

Seperti dilakukan Kapolres Subang AKBP Sumarni bersama Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Bambang Suhendar, didampingi Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan, Drh. Erlina Pasaribu.

Mereka melakukan sidak ke peternakan sapi PT. Hade Dinamis Sejahtera (HDS), Desa Sawangan Cipeundeuy Subang, belum lama ini.

Baca Juga:Kegiatan Vaksinasi di Subang Masih Terus Berjalan, Pemdes Bobos Berikan Hadiah Pada MasyarakatInilah Biodata Emmeril Khan, Putra Sulung Ridwan Kamil yang Dikabarkan Hilang di Swiss

Sidak tersebut dalam rangka langsung melakukan pengecekan peternakan sapi, terkait penyakit yang saat ini mulai menerjang hewan ternak, yakni PMK.

Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Subang, Bambang Suhendar mengatakan, pihaknya berupaya untuk optimal dalam penanganan penyebaran PMK.

“Tanpa kerja sama memang kita tak dapat melakukan sendiri, dan kita rutin untuk pengecekan ke setiap peternakan di Kabupaten Subang. Salah satunya di PT. Hade Dinamis Sejahtera,” jelasnya.

“Terutama kepada masyarakat jangan terlalu takut terhadap penyakit tersebut, dan mari kita bersama-sama untuk menjaga kesehatan, terutama bersama lingkungan,” ungkap Bambang.

CEO PT. Hade Dinamis Sejahtera, Hendri Hartono menegaskan, setiap sapi sudah dipastikan sehat, serta belum ditemukan terjangkit penyakit tersebut.

“Awalnya saya kaget, akan tetapi bersyukur dan berterimakasih kepada Kapolres dan Kepala Dinas beserta jajaran dari Polres Subang, yang telah melakukan kunjungannya.

Di peternakan kami sapi-sapi sehat. Mayoritas sapi-sapi kami berasal dari Australia dan juga Kupang, dan kebetulan tidak ada sapi dari Jawa timur,” jelas Hendri Hartono.

Baca Juga:Resep Mie Kuah Asam Pedas, Cocok untuk Makan Malam4 Manfaat Membuat Camilan Sendiri di Rumah

Sementara itu, Kapolres Subang AKBP Sumarni mengatakan, dalam pelaksanaan sidak penyebaran PMK yang ada di Kabupaten Subang ini sebagai pengawasan dan pengecekan terhadap peternakan sapi yang memang memelihara sekitar 4000 ekor.

Dia mengatakan, berdasarkan keterangan dari peternak, termasuk juga dari dokter hewan, disimpulkan sapi di perternakan dalam kondisi sehat.

“Setelah kami cek bersama-sama dengan dinas, Alhamdulillah sapi-sapi tersebut dalam keadaan sehat. Ya Insya Allah bisa memenuhi kebutuhan untuk Idul Adha mendatang,” ungkap Kapolres Subang.

Kapolres berharap peternak tetap menjaga kesehatan hewan sebagai antisipasi penyebaran PMK.

0 Komentar