Starter Sepeda Motor Tak Berfungsi? 4 Komponen Ini Wajib Diperiksa

starter motor
0 Komentar

OTOMOTIF-Ketika akan berpergian tiba-tiba sepeda motor ngadat, bolak-balik tombol starter dipencet tetap saja mesin tak mau nyala.

Pada motor kapasitas 150cc ke bawah masih ada engkol starter. Namun, model motor diatas 150cc rata-rata produsen sudah tidak menyediakan engkol agar lebih praktis dan tentunya irit biaya produksi.

Tetapi, kondisi ini menyulitkan bagi pemilik motor jika starternya tidak berfungsi.

Baca Juga:Refleksi Hardiknas, Konsep Profil Pelajar Pancasila Jadi Perhatian HMIAkibat Cuaca Tidak Menentu, Harga Gabah di Kabupaten Subang Mengalami Penurunan

Jika starter tidak berfungsi, pemeriksaan pertama bisa dilakukan pada baterai accu. Jika baterai accu ditemukan dengan kondisi masih normal maka perlu dicari komponen lainnya yaitu :

Starter Sepeda Motor Tak Berfungsi? 4 Komponen Ini Wajib Diperiksa

1. Switch Starter

Merupakan komponen yang berfungsi sevagai saklar elektromagnetik untuk memutus dan menyambung arus listrik. Saat electric starter tidak berfungsi, sebaiknya kamu pastikan dulu jika komponen ini benar-benar berfungsi.

Caranya, sambungkan kabel antara switch starter tersebut, jika terdengar bunyi cekrek-cekrek atau malah tidak berfungsi, iti tandanya switch starter sudah rusak atau kotor dan perlu dibersihkan.

2. Dinamo Starter

Kerusakan dinamo starter tergolong cukup langka, karena komponen ini tergolong aman.  Biasanya, kerusakan dinamo starter disebabkan karena arang kumaparannya (brush) terputus atau gosong karena konslet dan penyebab lainnya.

3. Bendik

Bendik berguna untuk memicu aliran listrik ari api yang nanti akan diumpankan ke dinamo starter. Jika bendik mengalami masalah kerusakan, sudah tentu arus listrik tidak akan mampu melewati dinamo starter, dan mesin pun tidak akan menyala.

4. Accu Soak

Jika seluruh komponen dipastikan dalam kondisi bagus, maka penyakit terakhir yang terjadi adalah accu yang sudah soak.

Baca Juga:Bupati Subang Menyerahkan Penghargaan untuk Faris, Peraih Juara 1 Pencak Silat Tingkat KabupatenPesan Menyentuh dari Ridwan Kamil dan Istri Terkait Hilangya Emmeril Khan

Jika accu sudah soak, solusinya dengan membeli accu baru (jika kamu menggunakan accu kering). Untuk accu basah bisa mengganti cairan accu kemudian menyetrumkannya kembali. (cdp)

0 Komentar