oleh

CEK FAKTA: Apakah Makanan Pedas Efektif Redakan Sakit Kepala atau Migrain?

HEALTH-Para pecinta pedas meyakini bahwa makan makanan pedas bisa mengurangi sakit kepala. Mungkin juga kamu sendiri pernah mendengarnya bahwa makanan pedas bisa atasi sakit kepala, namun benarkah demikian?

Melansir dari berbagai sumber rasa pedas yang selama manusia rasakan sebenarnya merupakan rasa nyeri dan panas di lidah akibat zat capsaicin yang terdapat pada cabai.

Kemudian capsaicin inilah yang merangsang rasa ‘nyeri’ dan panas, hingga lidah merasa sebuah rasa yang dikenal sebagai rasa pedas. Meskipun pedas ini bukan bagian dari empat rasa dasar – manis, pahit, asin, dan asam – rasa pedas digemari banyak orang.

Apakah Makanan Pedas Bisa Mengurangi Sakit Kepala?

Makanan pedas bahkan dijadikan sebagai menu utama pecinta pedas saat mereka megalami sakit kepala atau migrain. Dan percaya atau tidak hal ini ternyata sudah dibuktian oleh beberapa penelitian. Salah satunya dalam Journal of Headache and Pain, yang menunjukkan bila seseorang yang mengonsumsi sup yang pedas dan panas bisa mengurangi rasa sakit dan migrain yang menyerang kepala.

BACA JUGA: Mandi Setelah Bergadang Sebabkan Kematian, Benarkah? Simak Penjelasannya Berikut Ini!

Lantas, bagaimana mekanisme makanan pedas dapat menghilangkan sakit kepala? Diketahui bahwa rasa pedas menyebabkan otak menghasilkan adrenalin dan endorfin.

Adrenalin itu sendiri merupakan zat yang dihasilkan oleh tubuh ketika dalam keadaan waspada. Adrenalin bisa menyebabkan kerja jantung lebih cepat dan pembuluh darah melebar.

Pada akhirnya memiliki efek mengurangi rasa ngantuk, dan selain itu, kamu juga akan mengeluarkan keringat yang lebih banyak ketika makan pedas. Hal ini sama seperti saat kamu sedang berolahraga. Maka tak heran, banyak orang yang akan merasa lebih segar seusai menyantap makanan pedas, seperti setelah olahraga.

Selain adrenalin, pedas juga memicu pengeluaran endorfin. Endorfin adalah zat kimia alami tubuh yang memicu rasa senang. Selain itu, endorfin juga bisa bermanfaat sebagai anti nyeri. Itulah kenapa sebagian orang yang sakit kepala setelah memakan makanan pedas akan merasa lebih enakan.

Intinya, makan makanan pedas untuk mengatasi sakit kepala bukanlah mitos. Ada penjelasan ilmiah di balik pernyataan ini. Namun, bukan berarti kamu bisa mengonsumsinya secara berlebihan ya! (erz)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.