oleh

Peluang dan Tantangan Berkarir di Dunia Teknologi Informasi

SUBANG-Revolusi Industri merupakan kegiatan usaha yang awalnya konvensional menjadi industri dengan menggunakan mesin yang dimulai tahun 1780.

Era revolusi terakhir industri 5.0 merupakan industri yang mengintegrasikan dan harmonisasi antara mesin dan manusia.

“Masa depan Teknologi Informasi di masa depan menjanjikan karena setiap usaha menggunakan sistem bisnis dan kebutuhan akan meluas sehingga karir di TI semakin penting,” ujar Yusuf Pratama Putra, S.T., M.T., saat menyampaikan materi Kuliah Umum bertemakan “Peluang dan Tantangan Profesi IT Menghadapi Revolusi Industri 5.0”.

Kuliah umum ini diselenggarakan oleh Program Studi (PS) Studi Informasi (SI) Jurusan Manajemen Informatika (JMI) Politeknik Negeri Subang (Polsub) pada Kamis (2/6) di Aula Kampus 1 Polsub, Ciereng.

“Trend TI saat ini telah berkembang menjadi service sharing (berbagi layanan) dimana setiap layanan bisa dibagikan secara langsung dengan menggunakan internet. Selain itu ada Enterprise Resource Planning (ERP) yang mengintergasikan bisnis fungsional dan financial.” ungkapnya.

Selain itu dari segi keamanan teknologi ada beberapa hal yang semakin berkembang dengan biotechnologies misalnya, scan retina maupun autentikasi sidik jari.

“Keterampilan yang perlu dimiliki oleh pelaku IT salah satunya adalah leadership dimana para pelaku IT saat bekerja nanti tidak hanya dengan laptop sendiri namun akan bekerjasama dengan orang lain. Karena suatu saat dalam bekerja akan menjadi pemimpin pada suatu project,” paparnya.

Dunia saat ini sedang tumbuh dan berkembang, saat ada wabah covid-19 manusia mencari solusi untuk tetap melakukan aktifitas seperti biasa walaupun ada pembatasan. Sehingga pada saat itu teknologi menjadi salah satu alternatif sebagai solusi permasalahan.

Pada 2008-2018 berdasarkan survei bahwa pekerjaan pada bidang IT semakin banyak diminati dan mendapatkan gaji yang relatif tinggi.

Sehingga untuk mempersiapkan diri sebelum terjun ke dunia kerja maka bisa mengikuti beberapa internships, partime, menjadi relawan maupun grup belajar sebagai tambahan dalam portofolio.

“Pengalaman yang didapatkan akan sangat berharga untuk menjadi sumber ilmu untuk bisa digunakan di masa depan. Apa yang menarik dan tentukan minat untuk menentukan Langkah terbaik untuk memulai langkah untuk mencapai impianmu,” pungkasnya. (rls/ysp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.