Suasana Haru Warnai Keberangkatan Calon Haji di Islamic Center Subang

Suasana Haru Warnai Keberangkatan Calon Haji di Islamic Center Subang
0 Komentar

Subang – Sebanyak 406 calon jemaah haji asal Kabupaten Subang, Jawa Barat kloter pertama, dilepaskan dan diberangkatkan menuju Asrama Haji Embarkasi, Bekasi, Jumat (3/6/2022) pagi.

Bertempat di Islamic Centre, Kabupaten Subang, para calon jemaah haji ini dilepas langsung oleh Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosadi.

Isak tangis keluarga saat pelepasan para ratusan calon jemaah haji ini pun tidak terbendung disaat para calon jemaah haji akan masuk ke dalam bis pemberangkatan.

Baca Juga:Realisasi Inflasi Indonesia Masih Terkendali Ditengah Berlanjutnya Tren Peningkatan Inflasi GlobalSegera Pulang ke Indonesia, Atalia: Ril Mamah Pulang Dulu…

Kepala Kemenag Kabupaten Subang, Agus Sutisna mengatakan, perjalanan panjang yang dilalui oleh para calon jemaah haji hingga pemberangkatan ini merupakan suatu ibadah yang sangat dinantikan oleh mereka.

“Sebagaimana pernah saya jelaskan juga sampai dengan pemberangkatan ini tentu dilalui dengan kesulitan tapi juga ada kemudahan dalam beribadah haji ini,” ujar Agus kepada wartawan.

Namun, menurut Agus, terdapat 2 Pendamping Haji Daerah (PHD) yang diundur pemberangkatan karena terkendala proses visa yang hingga saat ini belum turun.

“Dari jumlah 410 yah tidak diberangkatkan semua sebab PHD sampai hari ini memang visanya belum turun. Sehingga hanya jemaah murni disana ditambah petugas. Jadi 410 dikurangi 2 jadi 408 kita jumlah jemaah total ada 406,” katanya.

Sementara itu, dalam kesempatan kali ini juga, pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Subang turut melakukan pendampingan kesehatan para calon jemaah haji sejak 2 tahun lamanya.

Hal ini dilakukan pihak Dinkes Subang yang dimana menurunkan pendampingan melalui Petugas Kesehatan Haji Indonesia (PKHI) agar terus menjaga kesehatan para calon jemaah haji saat menjalankan ibadah haji di Tanah Suci Mekah hingga pulang dalam keadaan sehat.

“Sebetulnya pendampingan para calon jemaah haji ini sudah 2 tahun yang lalu, kami menjaga supaya jemaah-jemaah yang akan berangkat itu benar-benar dalam kondisi kesehatan yang bagus,” ucap Kadinkes Subang dr. Maxi yang turut mengikuti pelepasan calon jemaah haji asal Subang.

Baca Juga:Lama Tak Masuk Kerja, Pekerja PLTU Ditemukan Tidak Bernyawa di Kamar Kosan PamanukanKonsleting Listrik, Pabrik Penggilingan Bahan Baku Kasur di Pagaden Kebakaran

Disisi lain, Maxi memastikan bahwa seluruh calon jemaah haji asal Kabupaten Subang dinyatakan negatif COVID-19 setelah sebelumnya menjalani test PCR terlebih dahulu.

“Hasilnya sudah ada dan semuanya aman (Negatif) semuanya sehat,” ungkap Maxi. (idr)

0 Komentar