Tips Memilih Beras yang Bagus, Agar Aman Dikonsumsi

Tips Memilih Beras yang Bagus, Agar Aman Dikonsumsi
Tips Memilih Beras yang Bagus, Agar Aman Dikonsumsi
0 Komentar

Ragam – Bagi kamu yang belum pernah memiliki pengalaman membeli beras sendirian, artikel ini akan sangat bermanfaat untuk kamu. Berikut beberapa tips seputar cara memilih beras yang berkualitas baik.

Kamu bisa mencoba tips ini supaya nantinya ketika kamu harus membeli beras sendirian atau di tempat rantau sudah tidak bingung lagi. Kemudian, tips ini juga akan menambah pengetahuan dan wawasan kamu.

Berikut 5 tips memilih beras sebelum kamu membelinya yang wajib kamu coba.

1. Warna

Baca Juga:Harga Minyak Melambung Ke Level Paling Atas 13 Pekan Terakhir, Harga BBM Diprediksi Ikut MeroketMenjelang Idul Adha, Wabah Penyakit Kuku dan Mulut Pada Hewan Menjadi Perhatian, Begini Ciri-cirinya

Hal pertama adalah perhatikan warna beras, jangan memilih beras yang warnanya sudah kusam atau sebaliknya berwarna terlalu terang. Pilihlah beras dengan warna putih seperti ala kadarnya untuk menghindari warna sintetis yang dibuat dari pewarna.

2. Aroma

Raba dan cium beras serta pastikan beras mempunyai aroma khas pada umumnya, jangan sampai beras yang kamu pilih berbau menyengat baik wangi ataupun berbau tengik.

3. Tekstur

Perhatikan tekstur beras apakah ia kuat atau mudah rapuh saat digenggam. Apabila beras yang kamu remas mudah rapuh, hal ini menggambarkan bahwa beras tersebut berkualitas kurang bagus dan bisa juga dicurigai sebagai beras stok lama, sehingga jangan memilih beras ini untuk dibeli.

4. Beras tidak tercampur dengan kotoran

Pilihlah beras yang bersih yang terhindar dari kotoran maupun batu krikil di dalamnya. Hal ini agar kamu dapat memastikan bahwa beras telah melalui penyaringan yang baik sehingga tingkat kebersihannya terjaga.

5. Bebas dari kutu

Pastikan beras yang kamu pilih terbebas dari kutu ataupun hewan lain yang memperlihatkan bahwa beras tersebut adalah beras yang sudah terlalu lama dijual. Jangan membelinya karena selain kurang sehat, beras tersebut juga kurang enak untuk dimakan baik secara tekstur, warna, maupun baunya pun juga akan berbeda dari beras kebanyakan. (yrs/yni)

0 Komentar