10 Ribu Orang akan berkumpul di peringatan Haul Mama Pagelaran dan KH. Oom Abdul Qoyyum Muhyiddin Serta Harlah Pesantren Pagelaran 3 Ke-60  

10 Ribu Orang akan berkumpul di peringatan Haul Mama Pagelaran dan KH. Oom Abdul Qoyyum Muhyiddin Serta Harlah Pesantren Pagelaran 3 Ke-60  
0 Komentar

SUBANG – Peringatan haul mama pagelaran, KH. Oom Abdul Qoyyum Muhyiddin dan Harlah Pesantren Pagelaran 3 Ke-60, Kecamatan Cisalak, Subang, akan dihadiri banyak Alumni/jemaah dan orangtua santri yang akan diselenggarakan pada hari Ahad 26 Juni 2022. Setelah 2 tahun terakhir digelar secara terbatas karena pandemi.

Peringatan Haul merupakan tradisi yang kerap dilaksanakan oleh ummat Islam di Indonesia pada umumnya, Khususnya di Pesantren Pagelaran 3.

Arti kata haul sendiri menurut Bahasa artinya tahun, sebagaimana kita ketahui bersama salah satu ketentuan wajib zakat maal adalah mencapai haul yang artinya harta tersebut telah mengendap selama satu tahun. Dengan begitu secara istilah peringatan haul adalah, peringatan hari wafatnya seseorang dalam hitungan tahun.

Baca Juga:Kekasih Eril, Nabila Ishma Dicibir Netizen, Ini SebabnyaTensi Tinggi, Persib Bandung VS Bali United Berakhir Imbang

Tradisi yang berjalan di masyarakat dalam pelaksanaannya biasa mengundang sanak famili serta kerabat untuk berkumpul bersama, lalu dalam perkumpulan tersebut dibacakan silsilah Yaasin dan tahlil serta dzikir-dzikir lainnya.

Tradisi ini berkembang turun-temurun di Pesantren Pagelaran 3. Dalam tulisan ini akan dipaparkan secara singkat hikmah haul:

1. Sebagai Ajang Silaturahim

Kesibukan dan aktifitas kita sebagai manusia di muka bumi ini sangat beragam, sampai-sampai terkadang kita jarang bersilaturrahim atau sekedar berkunjung menemui sanak famili atau kerabat dan sahabat. Dengan mengadakan peringatan haul, lalu kita mengajarkan anak kita untuk dapat hadir apalagi jika para kerabat berkumpul, hal yang demikian dapat merekatkan kembali tali silaturrahim yang lama terpisah.

Sebagai ummat Islam, kita sering mendegarkan sabda baginda Nabi Besar Muhammad Saw yang menyebutkan keutamaan menyambung silaturrahim dalam sabdanya:

Dari Abu Hurairah radiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya maka hendaknya ia menyambung silaturrahminya

Dengan bertemu saudara, kerabat bahkan keluarga lainnya saat peringatan haul, secara tidak langsung kita menjalin tali silaturrahim yang mungkin selama ini renggang. Maka dari itu kegiatan haul merupakan kegiatan yang sangat positif dari kacamata pendikan, karena didalamnya tersirat akan Pendidikan moral yang menyeluruh.

2. Sebagai upaya berdzikir kepada Allah Swt secara Bersama-sama

0 Komentar