oleh

Haul Mama Pagelaran, Ajang Silaturahmi dan Doakan Eril

SUBANG-Haul Mama Pagelaran atau KH Muhyiddin ke-49 yang digelar di Pondok Pesantren Pagelaran 1 Cimeuhmal Kecamatan Tanjungsiang, dihadiri ribuan massa. Pada kesempatan tersebut, turut hadir Pimpinan Pondok Pesantren, Ketua Baznas Provinsi Jawa Barat, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Subang dan ulama serta umaro se-Kabupaten Subang. Pada momentum Haul Mama Pagelaran, juga dilaksanakan doa bersama untuk almarhum Emmeril Kahn Mumtadz anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kami, yang merupakan cicit dari KH Muhyiddin.

Pimpinan Pondok Pesantren Pagelaran 1 KH Maman S Jamaludin mengatakan, Haul Pagelaran merupakan rutinitas tiap tahun. Ulama dan umaro yang ada di Kabupaten Subang bersilaturahmi dalam haul tersebut, termasuk dari pondok pesantren pagelaran 1, 2 dan 3. “Terima kasih, Haul Mama Pagelaran ini terlaksana dengan baik,” ungkapnya.

Dijelaskan KH Maman, disamping untuk sebagai ajang silaturahmi juga menggelar doa bersama dari ulama dan umaro se-Kabupaten Subang untuk almarhum Emmeril Kahn Mumtadz, yang merupakan anak dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. “Doa bersama pun dilakukan, untuk Almarhum Emmeril Khan Mumtadz, yang masih keturunan KH Muhyidddin,” terangnya.

Selain itu, KH Maman menambahakn, pihaknya juga menampilkan berbagai buku karangan Mama Pagelaran yang bisa dilihat oleh pengunjung. Termasuk juga produk-produk dari pondok pesantren Pagelaran 1.

KH Maman berharap, dalam Haul mama Pagelaran ke-49, agar umat bersatu menerima perbedaan, kemajemukan bangsa. Momentum pertemuan ulama dan umaro bisa bersatu, dan berjalur terhadap pada jalan Tawwasuth, Tawazun, Tasamuh dan moderat. “Teruslah bersatu, dan Tawawasuth, Tawazun, Tasamuh dan moderat,” harapnya.

Sementara itu salah satu pengunjung, Rismayati (50) mengatakan, dalam Haul Mama Pagelaran dirinya berdoa bersama dan berharap umat Islam terus melakukan syiar dan juga bersatu dan tidak terpecah belah. “Agar jangan ada kotak kiri ataupun kotak kanan. Tetaplah bersatu,” katanya.(ygo/vry)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.