Harga Cabai Makin Meroket, Capai RP 95 Ribu Per Kilogram

Harga Cabai Makin Meroket, Capai RP 95 Ribu Per Kilogram
Harga Cabai Makin Meroket, Capai RP 95 Ribu Per Kilogram
0 Komentar

Nasional – Harga cabai merah di Pasar Raya Solok, Sumatera Barat, mengalami kenaikan yang fantastis menginjak Rp95 ribu per kilogram jika dibandingkan dengan harga dua hari sebelumnya yang Rp80 ribu per kilogram.

“Saat ini, harga cabai tidak stabil, terkadang naik, kadang turun. Bahkan, tiga hari yang lalu juga mencapai Rp95 ribu lalu turun menjadi Rp80 ribu, sekarang naik lagi jadi Rp95 ribu per kilogram,” jelas salah seorang pedagang cabai Edi (50) di Pasar Raya Solok, Rabu, 15 Juni 2022.

Ia mengungkapkan tingkat permintaan cabai merah dari pembeli menurun karena kenaikan harga jual.

Baca Juga:Kerap Terlihat di K-Drama, Begini 6 Fakta Menarik Minimarket KoreaResep Bihun Goreng Medan, Cocok untuk Dinikmati Bersama Keluarga

“Biasanya yang beli cabai 1 kilogram sekarang dikurangi jadi setengah kilogram,” ungkapnya.

Bukan hanya cabai merah, ia menjelaskan harga bawang merah juga mengalami kenaikan Rp5 ribu dari Rp50 ribu per kilogram menjadi Rp55 ribu per kilogram.

“Menurut saya harga cabai dan bawang merah ini akan terus mengalami kenaikan hingga Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah nantinya. Karena jumlah permintaan di hari itu tentu lebih meningkat,” jelas dia.

Harga Cabai Makin Meroket, Capai RP 95 Ribu Per Kilogram

Pedagang sembako lainnya, Marlinda (40) turut mengeluhkan harga komoditas lainnya yang mengalami naik berupa telur ayam ras dari biasanya Rp1.900 menjadi Rp2.000 per butir. Daging ayam ras naik dari Rp22 ribu menjadi Rp28 ribu ekor.

Kisaran komoditas yang masih aman adalah minyak goreng curah Rp16 ribu per kilogram, beras Rp14 ribu per kilogram, gula pasir Rp14 ribu per kilogram, daging sapi Rp150 ribu per kilogram, bawang putih Rp25 ribu per kilogram, kacang tanah Rp27 ribu per kilogram.

Bukan hanya itu, menurut Analis Ketahanan Pangan Rico Andria Budi, kenaikan harga cabai merah dan bawang merah tersebut diakibatkan karena pasokan di tingkat petani yang terbatas, sedangkan stok dari daerah luar seperti dari Jawa berupa cabai kotak dan bawang merah Brebes tidak masuk ke Pasar Raya Solok.

Ia juga memberikan peringatan masyarakat di daerah itu agar tidak panik dengan kenaikan harga cabai yang meroket sejak beberapa hari terakhir bahkan mencapai Rp95 ribu per kilogram. Ia mengajak masyarakat agar berbelanja sesuai kebutuhan.

0 Komentar