Bahaya Tidur Tengkurap, Hindari Posisi yang Satu Ini Mulai Sekarang

Bahaya Tidur Tengkurap, Hindari Posisi yang Satu Ini Mulai Sekarang
Ilustrasi Foto : diadona
0 Komentar

HEALTH-Tidur adalah salah satu aktifitas yang dibutuhkan manusia, untuk mengembalikan energi yang habis terpakai, usai seharian beraktifitas. Salah satu posisi yang umum disukai orang saat tidur, adalah tidur dengan cara tengkurap. Tapi, tidak semua orang disarankan untuk tidur dengan posisi tengkurap, khususnya untuk mereka yang mempunyai masalah punggung.

Orang yang sering tidur dalam posisi ini setiap malam sering kali mengeluh kesakitan saat bangun tidur. Letak sakitnya berbeda-beda, mulai dari sakit leher, sakit punggung, hingga nyeri persendian.

Hal ini biasanya merupakan akibat dari posisi tidur yang salah. Jika sudah demikian, hal tersebut sedikit banyak dapat memengaruhi kualitas tidur Anda.

Baca Juga:WASPADA! Sering Haus dan Buang Air Kecil Merupakan Gejala Diabetes InsipidusPresdir PPI: Pelabuhan Sudah Ada Pemkab Tinggal Cari Investor

Rasa sakit akibat posisi tidur tengkurap dapat membuat Anda terbangun tengah malam, sehingga jumlah jam tidur berkurang. Alhasil, Anda mungkin akan merasa tak nyaman dan mengantuk keesokan harinya.

Ya, tidur dalam posisi tubuh menghadap ke kasur ini memang tidak baik untuk punggung Anda. Pasalnya, posisi tersebut dapat menekan dan meregangkan tulang belakang.

Hal ini terjadi karena berat badan Anda berpusat pada bagian tengah tubuh alias tulang belakang. Ketika Anda tidur tengkurap, maka tekanan pada bagian tengah tubuh jadi tidak seimbang sehingga memicu nyeri tulang belakang.

Terlebih lagi, tulang belakang merupakan saluran utama yang terisi oleh banyak saraf tubuh. Jika tulang belakang ini mengalami nyeri, otomatis saraf-saraf tubuh di dalamnya akan ikut terganggu.

Anda mungkin akan merasakan sensasi seperti mati rasa atau kesemutan pada saat bangun tidur. Hal ini dapat menimbulkan rasa tak nyaman pada bagian tubuh tertentu.

• Leher kaku

Sama halnya dengan nyeri tulang belakang, tidur dalam posisi tengkurap juga dapat menimbulkan rasa sakit pada leher atau leher kaku. Pasalnya, saat tidur, Anda harus bernapas, sehingga tidak mungkin menenggelamkan wajah ke dalam bantal.

0 Komentar