Berikut Jadwal Puasa Idul Adha 2022, Niat dan Keistimewaan Puasa Tarwiyah: Dapat Menghapus Dosa Selama Setahun

Berikut Jadwal Puasa Idul Adha 2022, Niat dan Keistimewaan Puasa Tarwiyah: Dapat Menghapus Dosa Selama Setahun
Berikut Jadwal Puasa Idul Adha 2022, Niat dan Keistimewaan Puasa Tarwiyah: Dapat Menghapus Dosa Selama Setahun
0 Komentar

Religi – Mendekati hari raya Idul Adha 1443 Hijriah, umat muslim disarankan untuk melaksanakan beberapa ibadah sunnah salah satunya adalah puasa tarwiyah. Puasa sunnah tarwiyah adalah puasa yang dilaksanakan pada hari tarwiyah.

Lalu kapan waktu puasa idul adha 2022? Berikut jadwal lengkapnya:

Puasa tarwiyah ini merupakan puasa yang kerap dilaksanakan oleh Rasulullah SAW. Puasa Tarwiyah biasanya diikuti dengan puasa arafah pada 9 Dzulhijjah.

Kedua puasa sunnah itu sangat disarankan untuk dilaksanakan oleh seluruh umat islam. Sebagai bentuk untuk merasakan nikmat serta kebahagiaan para jamaah yang sedang menjalankan ibadah haji di Tanah Suci.

Baca Juga:Simak! Begini Tata Cara Shalat Idul AdhaKabar Baik! Berkurban Kini Dapat Melalui Platform Online

Kata tarwiyah berasal dari Rawwa” yang bermakna berbekal air, melihat di dalamnya, perenungan dan beberapa arti lain darinya. Penamaan puasa tarwiyah berhubungan dengan kisah Nabi Ibrahim yang diperintahkan oleh Allah SWT untuk mengorbankan anak laki-lakinya, Ismail AS melalui mimpi.

Berikut Jadwal Puasa Idul Adha 2022, Niat dan Keistimewaan Puasa Tarwiyah

Hari tarwiyah setiap tahun jatuh pada hari ke-8 bulan Dzulhijjah atau tepatnya dua hari sebelum Hari Raya Idul Adha 1443 H. Hari tetsebut juga menjadi hari di mana para jemaah haji berangkat menuju ke Mina dan kemudian bermalam di sana.

Untuk jadwal tepatnya, umat muslim dapat mengetahui melalui tanggal jatuhnya Idul Adha 2022 yang telah ditetapkan pemerintah melalui Kemenag maupun ormas Islam Indonesia seperti Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU).

Apabila melihat pada maklumat PP Muhammadiyah yang telah menetapkan jatuhnya 10 Dzulhijjah yaitu pada 9 Juli 2022, maka puasa tarwiyah dapat ditunaikan pada tanggal 7 Juli 2022.

Sedangkan apabila merujuk melalui keputusan Kemenag dan Nahdlatul Ulama (NU), maka umat muslim dapat menunggu keputusan setelah sidang isbat.

Niat puasa tarwiyah

Sama halnya dengan puasa sunah yang lain bedanya hanya terletak pada pengucapan niat. Niat puasa tarwiyah dapat dibaca pada malam sebelum memasuki waktu subuh. Berikut ini bacaan niatnya:

“Nawaitu shaumal tarwiyata sunnatan lillahi ta’ala.” 

Artinya: “Saya niat puasa tarwiyah, sunnah karena Allah ta’ala”.

Keistimewaan puasa tarwiyah

Berikut ini beberapa keutamaan puasa tarwiyah:

0 Komentar