RKUHP: Hina Pemerintah dan Kekuasaan Hukum Bisa Dipenjara Tiga Tahun!

Isi Pasal RKUHP Hina Pemerintah dan Kekuasaan Hukum Bisa Dipenjara 3 Tahun!
0 Komentar

LEGISLATIF-Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) memuat pasal mengenai hukuman terhadap penghina pemerintah dan penguasa. RKUHP sedang tahap proses di DPR dan direncanakan akan disahkan bulan depan.

Namun pasal-pasal ini menuai banyak kritik, seperti pada pasal soal penghinaan terhadap pemerintah dan penguasa.

Setiap Orang yang di muka umum melakukan penghinaan terhadap pemerintah yang sah yang berakibat terjadinya kerusuhan dalam masyarakat dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun atau pidana denda paling banyak kategori IV.

Penjelasan Pasal 240:

Baca Juga:Siapa Razman Arif Nasution? Simak Profil Pengacara yang Tengah Berseteru dengan Denise Chariesta Ini!Menarik! Wisata Edukasi Haji 3D Perdana di Indonesia, Hadir di Kota Bekasi

Yang dimaksud dengan “keonaran” adalah suatu tindakan kekerasan yang dilakukan oleh sekelompok orang (anarkis) yang menimbulkan keributan, kerusuhan, kekacauan, dan huru-hara.

Pasal 241

Setiap orang yang menyiarkan, mempertunjukkan, atau menempelkan tulisan atau gambar sehingga terlihat oleh umum, memperdengarkan rekaman sehingga terdengar oleh umum, atau menyebarluaskan dengan sarana teknologi informasi yang berisi penghinaan terhadap pemerintah yang sah dengan maksud agar isi penghinaan diketahui umum yang berakibat terjadinya kerusuhan dalam masyarakat dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun atau pidana denda paling banyak kategori V.

II. Penghinaan terhadap kekuasaan umum

Pasal 353

(1) Setiap Orang yang di muka umum dengan lisan atau tulisan menghina kekuasaan umum atau lembaga negara dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun 6 (enam) bulan atau pidana denda paling banyak kategori II.
(2) Dalam hal perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mengakibatkan kerusuhan dalam masyarakat dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun atau pidana denda paling banyak kategori III.

0 Komentar