Tanggal 24 Juni 2022 Akan Terjadi Fenomena Langka di Langit, Apa Itu?

WOW! Inilah Foto Penampakan Fenomena Langka Lima Planet Sejajar yang Berhasil Diabadikan oleh Netizen
0 Komentar

RAGAM-Besok (24/06/2022) akan ada fenomena langka di langit yaitu planet sejajar. Fenomena langka in merupakan saat di mana lima planet akan muncul pada urutan yang sama seperti pada orbitnya masing-masing yang mengelilingi matahari.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Sky & Telescope yang dikutip dari laman Space, fenomena seperti ini pernah terjadi di 2004 lalu.

Urutan dalam Fenomena Planet Sejajar

Lima planet pada tata surya akan tampak berjajar, mulai dari Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus. Mengutip dari laman situs Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), fenomena yang disebut parade langit ini bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia waktu subuh hingga 24 menit sebelum matahari terbit. Pengamatan ini juga dilihat sesuai dengan waktu subuh per daerah.

Baca Juga:Hendak Lakukan Kunjungan ke Ukraina, Paspampres Siapkan Helm dan Rompi untuk JokowiTol Cisumdawu Ditargetkan Selesai Agustus 2022

“Kan waktu subuh masing-masing wilayah itu berbeda-beda, sesuai dengan lintang geografis dan bujur geografis suatu kota. Jadi disesuaikan, kurang lebih ya sekitar jam set 5 sampai jam set 6,” ujar Andi Pangerang, peneliti di Pusat Sains Antariksa Lapan, mengutip dari laman resmi.

Andi juga menambahkan, sebenarnya tak hanya lima planet saja yang terlibat, sebab juga ada planet Uranus. Maka dari itu, fenomena planet sejajar ini bukan lagi konjungsi kuintet (lima benda langit), melainkan konjungsi sektet (enam benda langit).

Apabila ditambah dengan bulan pada tanggal 20-27 Juni, maka hasilnya adalah konjungsi septet.

“Jadi ada 6 planet yang berjajar, ada Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter, dan Saturnus Kalau ditambah dengan Bulan pada tanggal 20-27 Juni, itu jadinya konjungsi septet,” terang Andi.

Peristiwa planet-planet yang terletak berderet tersebut memang dapat semakin tampak pada minggu terakhir bulan Juni, tanggal 21-30.(erz)

0 Komentar