oleh

Secara Tidak Sadar Ternyata Empat Hal Ini Bisa Membuatmu Dinilai Sebagai Orang Julid

Lifestyle-Julid atau melontarkan komentar negatif memang kerap kali jadi suatu aktivitas yang sulit dihilangkan pada diri seseorang. Bahkan lebih parahnya lagi, apabila dihadapkan dengan orang yang ternyata sama-sama punya kebiasaan demikian. Alhasil, julid akan jadi hal yang lumrah.

Padahal tahu kah kamu? Bahwa perilaku satu ini dapat berpotensi untuk merusak citra diri sendiri karena akan terkesan tidak mampu menghargai orang lain.

BACA JUGA: Perempuan Wajib Tahu! Kenali Gejala Keputihan Tidak Normal, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Julid juga akan menandakan jika diri kamu mempunyai tingkat empati yang begitu rendah. Sehingga secara tidak sadar ternyata lima hal sepele seperti ini bisa membuatmu dinilai sebagai orang julid. Apa saja sih?

Mengkritik tidak pada tempatnya

Memberikan suatu kritik bukan sesuatu yang salah maupun dilarang selama bersifat membangun dan dilakukan di tempat yang sewajarnya. Namun, kamu juga harus punya empati serta sensitivitas sebelum mengkritik seseorang.

Sebelum melontarkan kritik, pandai lah membaca situasi supaya tidak menyinggung orang yang sedang kamu kritik. Simpelnya, kamu harus bisa memposisikan diri kamu sebagai orang yang tengah dikritik. Tentu kamu pun akan enggan dikritik di hadapan banyak orang apalagi jika di waktu yang bukan semestinya. Jangan sampai melukai harga diri orang yang diberi kritik.

Merasa lebih unggul dari yang lain

Rasa percaya diri memang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.Bahkan sikap ini juga sebagai bentuk self-love.

Akan tetapi, rasa kepercayaan diri yang berlebihan patut kamu waspdai. Sebab bisa rawan untuk kamu sering merendahkan orang lain yang kerap berbeda pandangan denganmu. Tak hanya itu, kamu juga kerap akan menganggap orang lain berada di bawahmu pada banyak hal, mulai dari penampilan hingga selera akan sesuatu.

Jadi, kamu tidak perlu merasa selalu di atas orang lain.

Senang membandingkan

Memiliki kebiasaan sering membanding-bandingkan orang lain bisa menjadi kebiasaan yang sulit diubah dan bisa dilakukan dimanapun berada. Siapa pun bisa jadi objek untuk kamu banding-bandingkan termasuk pada teman sendiri.

Hal ini tidak jadi masalah apabila kamu simpan pendapatmu sendiri dan tidak diungkapkan. Namun, akan berbeda jika kamu malah mengutarakannya pada orang lain. Bisa-bisa orang lain yang mendengar itu akan menilai kamu sebagai orang yang julid. Hati-hati, ya!

Mengabaikan hak orang lain

Pernahkah kamu diam-diam berkomentar julid baik ditulis secara langsung maupun menceritakannya pada orang lain mengenai unggahan media sosial orang lain? Hal ini termasuk perilaku mengabaikan hak orang lain, lho.

Sama halnya denganmu, sebagai sesama pengguna media sosial, sosok yang tengah kamu komentari punya hak yang sama. Mereka punya kebebasan untuk membagikan segala sesuatu selama hal tersebut tidak merugikan. Meskipun kamu memiliki kebebasan untuk berkomentar, jangan sampai kelewat batas, ya!

Sebenarnya kebiasaan julid ini bisa dicegah dengan banyak introspeksi diri dan terbiasa untuk selalu menghargai orang lain, termasuk pada orang yang baru dikenal sekalipun. Selalu tanamkam mindset yang positif dalam pikiranmu supaya tidak selalu berburuk sangka, ya.(erz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.