Kapan Popok Bayi Kadaluwarsa? Begini Penjelasannya

Kapan Popok Bayi Kadaluwarsa? Begini Penjelasannya
Kapan Popok Bayi Kadaluwarsa? Begini Faktanya
0 Komentar

Health – Mayoritas orangtua mungkin bertanya-tanya, apakah popok bayi sekali pakai bisa kadaluwarsa?. Sebab, popok bayi adalah salah satu kebutuhan bayi yang selalu dipakai setiap hari.

Ternyata popok bayi tidak memiliki tanggal kedaluwarsa ataupun masa simpan tertentu. Namun, hal tersebut berlaku untuk popok yang belum dibuka atau telah terbuka sekalipun.

Sebagai produk dengan bahan dasar kertas, popok bayi sekali pakai dapat dipakai untuk jangka waktu yang tidak diketahui. Produsen popok menyarankan untuk memakia popok dalam waktu 2 tahun setelah pembelian.

Baca Juga:Sedang Viral! Bagi yang Belum Vaksin Dilarang Tarik Tunai di ATM, Kominfo Angkat BicaraHotman Paris Blak-blakan soal Kasus Holywings, Begini Ungkapnya

Tetapi, meskipun secara teknis popok tidak kedaluwarsa dan tidak memiliki masa simpan, popok yang terlalu tua tetap memiliki kemungkinan untuk mengalami penurunan kualitas. Baiknya, tetap perhatikan keadaan popok sebelum memakaikannya pada bayi.

Ciri-ciri popok bayi yang sudah tidak bisa dipakai

  • Warna yang berubah

Popok bayi berbahan dari campuran kertas dan plastik yang dapat memperlihatkan perubahan warna dan bau seiring waktu. Lapisan luar mungkin berubah menjadi kekuningan akibat oksidasi. Bukan hanya itu, pola pada sampul juga dapat luntur seiring waktu.

Walaupun hal tersebut bisa menjadi tanda popok sudah disimpan terlalu lama, walupun begitu popok masih bisa digunakan karena bisa saja hal tersebut hanya mengubah warna tampilannya saja.

  • Terdapat perubahan bau

Beberapa merek popok sekali pakai mungkin memiliki pewangi untuk meminimalisir bau tak sedap.

Dengan berjalannya waktu, aroma popok lama dan baru akan berbeda. Hal ini disebabkan adanya kerusakan molekul dalam wewangian ataupun paparan kondisi eksternal. Popok mungkin akan kehilangan baunya atau bahkan memiliki aroma yang tidak sedap.

  • Ada masalah kebocoran dan pemasangan

Popok bayi mempunyai bahan spandex elastis di bagian manset kaki dan ikat pinggang. Bagian ini tahan terhadap panas dan kelembapan. Namun, jika ada tambahan karet atau lateks, maka bagian tersebut mungkin rusak seiring waktu sehingga tidak elastis lagi. Ini dapat menyebabkan popok menjadi mudah bocor dan sulit dipasang karena longgar.

Tips menyimpan popok bayi agar tidak mudah rusak

  • Tetap simpan dalam kemasan asli
0 Komentar