Catatan Harian Dahlan Iskan: Tanpa Jumbo

Sejumlah pusat keramaian khususnya yang kerap disambangi TKW Indonesia di Hong Kong mulai menggeliat. -Twitter/@zirosou-
Sejumlah pusat keramaian khususnya yang kerap disambangi TKW Indonesia di Hong Kong mulai menggeliat. -Twitter/@zirosou-
0 Komentar

Banyak yang berharap momentum peringatan 25 tahun Hong Kong ini dikaitkan dengan konsep kebangkitan ekonomi segi-lima. Tentu dengan Hong Kong sebagai kepala naganya.

Salah satu indikator perubahan yang ditunggu adalah juga ini: apakah kebebasan internet di Hong Kong tetap dipertahankan. Atau internet Hong Kong akan dikontrol seperti di daratan. “Kalau internet di Hong Kong juga disensor habislah keistimewaan Hong Kong,” ujar pengamat politik di sana, seperti ditulis media di Hong Kong.

Belum tentu juga.

Budaya bisnis di Hong Kong sulit diubah. Saya bisa membedakan ”gaya bisnis Hong Kong” dengan ”gaya bisnis Singapura”. Gaya bisnis Hong Kong lebih mendorong kecepatan usaha.

Baca Juga:Viral Kesedihan Netizen Akibat RSIA Asih Akan Tutup, Begini KlarifikasinyaBea Cukai Tasikmalaya Ajak Masyarakat Berantas Peredaran Rokok Ilegal

Misalnya begini: dua orang bos bertemu. Mereka ingin bekerja sama. Jual beli saham. Jual beli perusahaan. Atau joint venture. Atau transaksi apa saja.

Setelah bicara-bicara angka, mereka sepakat. Salaman. Atau minum baijiu. Atau bir.

Setelah itu tugas staf masing-masing untuk mewujudkan kesepakatan bos mereka. Untuk mengatur detailnya. Mengatur administrasinya. Mengatur dokumen hukumnya.

Tidak ada staf yang kemudian menghadap bosnya untuk mengatakan: tidak bisa dijalankan. Staf di sana tidak akan bilang “transaksi sulit dilaksanakan”. Misalnya karena banyak masalah hukum dan administrasi. Sang bos akan marah. “Kalian digaji untuk menyelesaikan semua itu”.

Di Hong Kong tugas staf adalah membereskan semua kesulitan yang timbul akibat kesepakatan. Kalau ada dokumen hukum yang tidak mendukung, harus diusahakan bagaimana agar dokumen itu ada. Kalau ada hitungan yang tidak cocok, bagaimana supaya cocok.

Maka jarang ada kesempatan bisnis di Hong Kong yang tidak jalan.

Di Singapura proses itu kebalikannya. Staf mempelajari dulu seluruh detailnya. Barulah bos bertemu. Untuk membuat keputusan.

Baca Juga:Sengketa Lahan di Dago Elos, Terminal Dago Terancam BermasalahRekomendasi dan Daftar Harga Mobil Murah Dibawah Rp. 50 Juta, Bekas Berkualitas

Praktik bisnis yang seperti itu akan terus menjadi keunggulan tak terlihat di Hong Kong. Dan itulah keunggulan utamanya. Yang sulit digeser negara manapun.

Tentu kini Hong Kong sudah kehilangan salah satu keunggulan kecilnya. Hilang permanen. Tidak akan bisa kembali lagi. Yakni resto terapungnya itu. Yang Anda pasti pernah mencobanya: Restoran JUMBO. Ratu Elizabeth pun pernah makan di situ. Pun banyak bintang film.

0 Komentar