Deretan Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan, Penderita Diabetes Wajib Tahu

Deretan Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan, Penderita Diabetes Wajib Tahu
Deretan Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan, Penderita Diabetes Wajib Tahu
0 Komentar

Health – Daun salam dipercaya mempunyai khasiat untuk membantu mengatasi diabetes (kencing manis). Daun dengan nama latin Syzygium polyanthum ini memiliki sifat yang dapat menghambat peningkatan gula darah pada tubuh.

Selain mempunyai manfaat yang baik ternyata daun salam juga mempunyai efeksamping yang harus kamu ketahui.

Menurunkan kadar gula darah

Salah satu penelitian mengungkapkan kebenaran tersebut melalui jurnal Annals of Medicine and Surgery.

Baca Juga:Resmi! Pemerintah Tetapkan Hari Raya Idul Adha 1443 H Pada 10 Juli 2022Bupati Ajak Tanggulangi Lahan Kritis, Masyarakat dan Korporasi Harus Berperan

Studi tersebut menggunakan tikus percobaan dengan gula darah dan berat badan yang dipantau sebelum sampai sesudah diberikan ekstrak daun salam.

Hasilnya, ekstrak daun salam dapat mengurangi kadar gula pada darah dan menurunkan berat badan tikus yang mengidap diabetes.

Meminimalisir kekmunginan penyakit diabetes

Penelitian yang dipublikasikan Research Journal of Medicinal Plant menjelaskan bahwa konsumsi daun salam sebanyak 2 gram selama 30 hari dipercaya dapat menurunkan diabetes.

Bukan hanya itu, penelitian tersebut juga memperlihatkan bahwa daun salam mungkin bermanfaat untuk obat herbal bagi penderita diabetes tipe 2.

Studi yang dilakukan pada 65 orang tersebut juga membeberkan bukti bahwa pemberian daun salam mungkin dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Memiliki sifat antihiperglikemik

Jurnal Nutrients menunjukkan sebuah penelitian yang menemukan adanya sifat antihiperglikemik dalam daun salam yang berfungsi untuk membantu mengatasi penyakit diabetes.

Hiperglikemik sendiri adalah keadaan saat kadar gula dalam darah sangat tinggi. Ini terjadi saat tubuh kekurangan atau tidak dapat memakai hormon insulin dengan baik.

Baca Juga:Jalan Pertanian Dukung Produktivitas PertanianBegini Cara Mengolah Daun Sidaguri untuk Mengatasi Asam Urat

Tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk mengetahui efek antihiperglikemik pada ekstrak metanol daun salam pada tikus percobaan.

Efek Samping Daun Salam

Terlepas dari berbagai kegunaanya, konsumsi daun salam bersamaan dengan obat penurun gula darah dapat berakibat buruk untuk kamu.

Perpaduan dua obat tersebut dapat membuat gula darah kamu turun secara drastis atau drop. Keadaan ketika gula darah drop disebut juga dengan hipoglikemia.

Saat keadaan gula darah sangat rendah, kamu perlu mendapatkan pengobatan dengan segera. Jika tidak segera mendapat perawatan, kondisi ini dapat memburuk dan menyebabkan masalah serius, seperti:

0 Komentar