SURVEI: Gubernur Jabar Ridwan Kamil Masuk Top of Mind Capres dan Cawapres 2024

SURVEI: Gubernur Jabar Ridwan Kamil Masuk Top of Mind Capres dan Cawapres 2024
0 Komentar

NASIONAL-Survei CiGMark menunjukkan nama Gubernur Jabar Ridwan Kamil masuk pada jajaran yang berpotensi menjadi calon presiden (capres) maupun calon wakil presiden (cawapres), di bawah Ganjar Pranowo, Puan Maharani, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Survei ini dilakukan pada 7-9 Juni 2022 tersebut dilakukan di seluruh wilayah Indonesia dan melibatkan 1.200 responden di rentang usia 15 tahun ke atas.

Dengan demikian, nama Ridwan Kamil bersaing di jajaran atas dalam hasil survei top of mind calon presiden. Tidak hanya itu, Ridwan Kamil juga masuk empat besar ketika CiGMark melakukan survei berkenaan dengan strong supporter.

Baca Juga:Gelar Festival Generasi Pancasila, Menteri Pendidikan: Pancasila Bukan Hanya Dihafal tapi DiamalkanOPINI: Urgensi dan Tantangan Digitalisasi Pendidikan

Sementara itu, Peneliti Senior Centre of Strategic and International Studies (CSIS) Philips J. Vermonte melihat adanya konsistensi dukungan terhadap RK pada survei CiGMark. Menurut Philips, hal itu sangat positif. Sebab, satu tahun belakangan hanya ada tiga nama yang terus-menerus terdengar kencang yakni Prabowo Subianto, Anies Baswedan, serta Ganjar Pranowo.

”Saya kira kecenderungan dukungan yang konsisten kepada Pak Ridwan Kamil ini menarik,” ujarnya.

Masuknya nama Ridwan Kamil ke jajaran top of mind capres dan cawapres merupakan hal baru.  Selain itu, lanjutnya, Ridwan Kamil merupakan tokoh yang tidak berpartai, sehingga tidak ada pergerakan partai untuk menyokong namanya.(erz)

0 Komentar