Serapan Anggaran Pemkab Subang Masih Rendah, Semester I Hanya 29,46 Persen

Editor:

SUBANG-Serapan anggaran Pemkab Subang hingga periode 30 Juni, masih diangka 29,46 persen. Angka tersebut tentu saja terbilang masih rendah. Apalagi rentang waktu periode tersebut terhitung sudah 1 semester anggaran tahun 2022.

Data yang diperoleh Pasundan Ekspres dari Badan Keuangan dan Aset Daerah untuk 5 OPD terbesar serapan anggarannya saja, rata-rata masih di sekitar 50 persen. Itu diperoleh peringkat pertama oleh Kecamatan Cibogo sebesar 56,67 persen, berikutnya Dinas Perhubungan 54,22 persen, Sekertariat Daerah 53,68 persen, Kecamatan Pusakanagara 52,31persen, Sekertariat DPRD 50,95 persen, dan Kecamatan Jalancagak 49,67 persen.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi, mengintruksikan seluruh OPD untuk dapat menyerap anggaran 100 persen. Selain itu, dia juga menyampaikan untuk terus menggali potensi PAD.

“Serapan anggaran kegiatan di setiap OPD dapat tercapai 100 persen realisasinya dan mengefisiensikan belanja anggaran dengan benar,” katanya.

Pada kesempatan lain, Ketua DPRD Subang, H Narca mengaku akan terus mendorong Bupati agar serapan anggaran kegiatan di setiap OPD bisa terserap dengan optimal.

Terlebih, kata Narca tidak lama lagi Paripurna pertaggungjawaban Bupati juga akan digelar oleh DPRD. Dari sana, dia menyebut juga akan disampaikan soal serapan aggaran yang masih rendah tersebut.

“Pada Paripurna nanti, kita akan dorong juga hal itu, penyampaian Bupati, kemudian nanti ada pandangan Fraksi. Nah selanjutnya di Pansus, kita akan optimalkan untuk mendorong agar serapan anggaran ini bisa optimal,” kata Narca.

Lambannya serapan anggaran kegiatan oleh OPD sudah bukan barang baru. Nyaris setiap tahun anggaran selalu saja terjadi.

Hal ini tentu menjadi catatan, mengapa terus terjadi pelambatan penyerapan anggaran setiap tahun, bagaimana kinerja OPD. Apakah tidak ada evaluasi?(idr/vry)

 

Serapan Anggaran OPD Tertinggi

Kecamatan Cibogo 56,67 %

Dinas Perhubungan 54,22 %

Sekertariat Daerah 53,68 %

Kecamatan Pusakanagara 52,31 %

Sekertariat DPRD 50,95 %

Kecamatan Jalancagak 49,67 %

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.