Sonya Fatmala: Orang Tua Harus jadi Palugada bagi Anaknya

Editor:

BANDUNG BARAT-Di tengah perkembangan zaman, orang tua diharapkan bisa menjadi “Palugada” bagi anaknya. Hal itu diungkapkan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TPPKK) Kabupaten Bandung Barat (KBB), Bunda Sonya Fatmala saat menghadiri kegiatan Bimbingan Teknis Parenting Class Pembina Posyandu se KBB di Pesona Bambu Hotel Lembang Bandung Barat, Senin (18/7).

Menurutnya, menjadi orang tua di zaman modern ini harus bisa menjadi “Palugada” untuk anak-anaknya. Artinya, pengetahuan setiap orang tua dituntut harus serba bisa dalam mendidik anak.

Apalagi, wejangan lama sudah sulit untuk di terapkan karena anak yang semakin kritis.

“Zaman sudah berubah dan terkadang wejangan lama tak lagi relevan. Maka penting sekali bagi orang tua untuk bisa lebih mendapatkan informasi tentang modern parenting,” katanya.

Selain itu, kata Sonya, orang tua juga harus meningkatkan kembali pengawasan dan pembelajaran di era perkembangan informasi digital. “Banyak sekali kasus-kasus kekerasan dan pelecehan terhadap anak, makanya perlu pendekatan dan bimbingan secara modern yang orang tua lakukan,” ungkapnya.

Dia berharap dengan adanya class ini, pembina posyandu bisa terus mengembangkan cara mendidik anak-anak yang dinterapkan kepada keluarganya terlebih dahulu.

“Bapak ibu yang hadir di sini adalah orang-orang yang mempunyai peran penting dalam pemberdayaan masyarakat, jadi jangan sampai keluarga kita sendiri terabaikan. Terapkan setiap pengetahuan dan informasi kepada keluarga kita sendiri barulah ke keluarga yang lainya,” pungkasnya.(sep)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.