Arca Prabu Siliwangi Muncul di Museum Belanda

Editor:

MAJALENGKA-Ada penampakan patung Prabu Siliwangi yang disebut berasal dari Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka di Museum Volkenkunde, Belanda.

Patung Prabu Siliwangi tersebut tersimpan dalam file foto yang tampak berupa sebuah arca.

Dari file foto itu, arca Prabu Siliwangi mengenakan mahkota. Sedangkan di leher, tangan, pergelangan, pinggang dan kakinya terlihat mengenakan aksesoris semacam perhiasan berukir.

Disebutkan melalui file foto itu, patung Prabu Siliwangi yang ditemukan dari Talaga, Kecamatan Majalengka, berukuran dimensi 20,5 cm untuk tinggi dan lebar 16 centimeter.

“Patung tembaga Prabu Siliwangi di Talaga dekat Cirebon,” demikian tertulis di situs resmi Het Geheugen, yang dikutip radarcirebon.com (Disway National Network), Selasa (19/7).

Pada bagian keterangan juga dituliskan perkiraan pembuatan patung tersebut yakni Oktober 1863 sampai dengan April 1864.

Tertulis juga keterangan bahwa yang membuat adalah kerajaan Talaga Manggung. Patung Prabu Siliwangi tersebut didokumentasikan dalam bentuk foto monokrom.

Disebutkan bahwa Talaga Manggung adalah bagian dari Kerajaan Pajajaran. Saat ini, lokasinya masuk dalam wilayah administratif Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka.

Patung Prabu Siliwangi Diabadikan dalam Bentuk Foto oleh Museum Belanda.

“Difoto untuk ilmu pengetahuan; orang-orang eksotis antara tahun 1860 dan 1920,” demikian keterangan dalam situs tersebut.

Foto tersebut merupakan bagian dari Koleksi Inti Fotografi Museum Etnologi. Namun, tidak diketahui keberadaan patung tersebut.

Adapun fotografer yang mendokumentasikan patung tersebut adalah Isidore van Kinsbergen.

Museum tersebut hanya menyimpan foto dokumentasi dari patung yang dimaksud. Tetapi tidak diketahui di mana keberadaan patung aslinya. Apakah masih berada di Indonesia tau tempat lain.

Tentunya, patung Prabu Siliwangi tersebut seharusnya menjadi benda berharga, karena bagian dari peninggalan sosok raja Kerajaan Sunda yang beribukota di Pakuan Pajajaran.

Di Kabupaten Majalengka memang dikenal dengan sebuah kerajaan yakni Talaga Manggung yang tercatat di Naskah Carita Parahyangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.