Arca Prabu Siliwangi Muncul di Museum Belanda

Arca Prabu Siliwangi Muncul di Museum Belanda
0 Komentar

MAJALENGKA-Ada penampakan patung Prabu Siliwangi yang disebut berasal dari Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka di Museum Volkenkunde, Belanda.

Patung Prabu Siliwangi tersebut tersimpan dalam file foto yang tampak berupa sebuah arca.

Dari file foto itu, arca Prabu Siliwangi mengenakan mahkota. Sedangkan di leher, tangan, pergelangan, pinggang dan kakinya terlihat mengenakan aksesoris semacam perhiasan berukir.

Baca Juga:Tiga Bangunan Ambruk, Siswa SDN Medangasem 1 Karawang Terpaksa Belajar di LantaiDPRD Subang Pertanyakan Hasil Kinerja TP2D

Disebutkan melalui file foto itu, patung Prabu Siliwangi yang ditemukan dari Talaga, Kecamatan Majalengka, berukuran dimensi 20,5 cm untuk tinggi dan lebar 16 centimeter.

“Patung tembaga Prabu Siliwangi di Talaga dekat Cirebon,” demikian tertulis di situs resmi Het Geheugen, yang dikutip radarcirebon.com (Disway National Network), Selasa (19/7).

Pada bagian keterangan juga dituliskan perkiraan pembuatan patung tersebut yakni Oktober 1863 sampai dengan April 1864.

Tertulis juga keterangan bahwa yang membuat adalah kerajaan Talaga Manggung. Patung Prabu Siliwangi tersebut didokumentasikan dalam bentuk foto monokrom.

Disebutkan bahwa Talaga Manggung adalah bagian dari Kerajaan Pajajaran. Saat ini, lokasinya masuk dalam wilayah administratif Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka.

Patung Prabu Siliwangi Diabadikan dalam Bentuk Foto oleh Museum Belanda.

“Difoto untuk ilmu pengetahuan; orang-orang eksotis antara tahun 1860 dan 1920,” demikian keterangan dalam situs tersebut.

Foto tersebut merupakan bagian dari Koleksi Inti Fotografi Museum Etnologi. Namun, tidak diketahui keberadaan patung tersebut.

Adapun fotografer yang mendokumentasikan patung tersebut adalah Isidore van Kinsbergen.

Baca Juga:58 Desa Tak Patuh Lapor Aset, Ternyata Ini AlasannyaKendaraan Berumur Tiga Tahun Lebih Wajib Uji Emisi

Museum tersebut hanya menyimpan foto dokumentasi dari patung yang dimaksud. Tetapi tidak diketahui di mana keberadaan patung aslinya. Apakah masih berada di Indonesia tau tempat lain.

Tentunya, patung Prabu Siliwangi tersebut seharusnya menjadi benda berharga, karena bagian dari peninggalan sosok raja Kerajaan Sunda yang beribukota di Pakuan Pajajaran.

Di Kabupaten Majalengka memang dikenal dengan sebuah kerajaan yakni Talaga Manggung yang tercatat di Naskah Carita Parahyangan.

Sejarah Kerajaan Talaga

Penamaan Talaga tersebut, diduga karena pada zaman dahulu kerajaan ini memiliki sebuah danau. Diyakini, hal ini terkait dengan Situ Sangiang.

Diyakini pula bahwa di sekitar Situ Sangiang, dulunya berdiri keraton Kerajaan Talaga manggung.

0 Komentar