Sampalan Citapen Gagas Pertukaran Budaya Indonesia dan India

Sampalan Citapen Gagas Pertukaran Budaya Indonesia dan India
WISATA BUDAYA: Terlihat suasana ramai pengunjung yang sedang berenang di tempat wisata Sampalan Citapen. CINDY DESITA/PASUNDAN EKSPRES
0 Komentar

SUBANG-Sampalan Citapen, merupakan obyek wisata yang memiliki pesona keindahan dan sangat menarik untuk dikunjungi. Tak hanya memiliki pesona keindahan, Sampalan Citapen juga menjadi tempat wisata edukasi.

Seperti halnya dengan tiga visi Sampalan Citapen yaitu, Wisata Alam, Wisata Modern, dan Wisata Budaya. Ketiga visi tersebut bertujuan untuk memperkenalkan dan mengembangkan wisata yang ada di Sampalan Citapen, khusunya wisata budaya.

Wisata budaya yang ada di Sampalan Citapen ini bisa di bilang perdana atau baru pertamakali diadakan. Karena pemilik tempat wisata ini yaitu H. Bambang Herdadi bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang untuk menyelenggarakan event pertukaran seni budaya internasional tersebut.

Baca Juga:MS Glow SBG by Susi Anjani, Beauty Store dengan Skin Analyzer Pertama di SubangPengrajin Sofa di Siluman Pabuaran

“Bisa dikatan ini menjadi momen perdana bagi Sampalan Citapen, sehingga dalam adanya kegiatan pertukaran budaya ini peserta diharapkan bisa belajar mengenai budaya dan mengaplikasikan budaya tersebut. Karena budaya itukan tidak hanya seni, tetapi nilai juga, nilai perilaku, akhlak, dan kebiasaan.” Ujar pemilik tempat wisata Sampalan Citapen, H. Bambang Herdadi.

“Saya juga sudah konfirmasi dengan pihak terkait yaitu dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang untuk menyelenggarakan acara pertukaran budaya di Sampalan Citapen ini,” ujarnya.

H. Bambang Herdadi mengatakan, event ini menjadi bagian dari mata pelajaran budaya yang selama ini dirasa tertinggal. Biasanya, pihak pendidikan hanya konsen dengan pendidikannya saja, sedangkan tidak terlalu fokus kepada budaya. Di sini Sampalan Citapen menjadi pemantapan tentang eksistensi budaya.

“Citapen sebagai penyelenggara tuan rumah, peserta didik yang akan hadir nanti tentunya dalam komando Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabutapen Subang,” jelasnya.

“Di sisi lain, Sampalan Citapen juga memiliki keunggulan. Para peserta nantinya bisa berwisata dan bisa belajar, ini menjadikan edukasi untuk peserta para siswa-siswi sekolah dasar. Jadi waktu belajar yang biasanya dilaksankan di ruang kelas, untuk sementara di dua hari selama event ini berlangsung, siswa-siswi tersebut belajar diruang kelas terbuka yaitu di Sampalan Citapen”, Jelas H. Bambang Herdadi.

Event Pertukaran Seni Budaya Internasional ini akan diselenggarakan pada tanggal 1-2 Agustus 2022, bertempat di Sampalan Citapen yang beralamat di Jl. Raya Situ Citapen No 1, Desa Parapatan, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

0 Komentar