Simak! Begini Cara Meredakan Emosi yang Berlebihan

Simak! Begini Cara Meredakan Emosi yang Berlebihan
Simak! Begini Cara Meredakan Emosi yang Berlebihan
0 Komentar

Ragam – Rasa marah merupakan sebuah bentuk emosi dan ekspresi. Tetapi apabila tidak diminimalisir akan membuat hal tersebut menjadi negatif. Kemarahan dapat menjadi hal yang normal apabila dikeluarkan sesuai porsinya.

Berikut beberapa tips yang mungkin dapat membantumu untuk meminimalisir kemarahan agar tidak menjadi kemarahan yang negatif. Berikut beberapa tipsnya yang telah dilansir dari beberapa sumber.

Cermati Perbedaan Antara Bereaksi dan Merespon

Kedua hal tersebut merupakan hal yang berbeda. Sebuah reaksi cepat dan instan serta tidak memerlukan banyak pemikiran. Seseorang yang bereaksi tidak mempertimbangkan akibat berbahaya dari apa yang dia ucapkan atau perbuat.

Baca Juga:Asal-usul Es Cendol, Minuman Manis yang MenyegarkanSiap-siap! Laki-laki yang Berdandan Mirip Perempuan di CFW akan Digiring ke Panti Sosial

Disamping itu, responsnya lambat, bijaksana, dan tidak mengancam, karena mempertimbangkan kebahagiaanmu dan orang-orang di sekitarmu. Menanggapi membuatmu merasa lebih bisa mengendalikan diri dan memberi ruang yang kecil untuk meluapkan rasa marahmu.

Visualisasi

Gambarkan keadaan yang membuat kemarahan dalam pikiran akan melatih respons kemarahanmu untuk ekspresi akhir. Tuliskan deskripsi kemarahanmu secara detail. Semakin banyak deskrpsi, semakin efektif kamu melakukan latihan, lengkapi juga pikiran marah dalam deskripsi untuk lebih jelas. Kamu bisa mulai dengan adegan yang paling tidak membuatmu marah dan melanjutkan ke adegan kemarahan paling menjengkelkan yang bisa dibayangkan.

Bersikap Asertif daripada Agresif

Respons asertif bersifat tenang, lugas, dan to the point. Pernyataan bebas dari pernyataan atau kata-kata kasar kerap kali cukup untuk memperlihatkan belas kasih yang tulus, dan memicu minat pada topik yang sedang dibahas.

Lakukan Kegiatan Fisik

Latihan fisik dapat meminimalisir kemarahan, hal tersebut membantumu mengurangi kelebihan energi yang disebabkan oleh kemarahan. Olahraga melepaskan hormon bahagia dalam tubuh dan memberikan perasaan rileks secara instan. Manjakan dirimu dengan olahraga favorit atau latihan aerobik dasar seperti jalan cepat, lari, jogging selama 30 menit 4 kali seminggu untuk menuai manfaatnya. (yni)

0 Komentar