Dijamin Ampuh! Obat Sekaligus Penghilang Bekas Luka Bakar

Dijamin Ampuh! Obat Sekaligus Penghilang Bekas Luka Bakar
Dijamin Ampuh! Obat Sekaligus Penghilang Bekas Luka Bakar
0 Komentar

Health – Luka bakar sering kali membuat orang menjadi tidak nyaman atau kurang percaya diri karena noda yang ditinggalkannya. Mayoritas orang terkena luka bakar karena knalpot dan menimbulkan bekas setelahnya.

Kemudian, bagaimana cara menghilangkan bekas knalpot yang mudah?

Hal pertama yang harus dilakukan saat terkena knalpot

Saat mengalami luka bakar karena knalpot, banyak cara yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama untuk mencegah kemunculan atau mengurangi keparahan bekas luka. Beberapa hal yang bisa dilakukan setelah mengalami luka bakar, di antaranya:

  • Bilas luka bakar dengan air suhu ruang atau suhu biasa, kemudian biarkan kulit mengering dengan sendirinya.
  • Pakai salep antibiotik, gunakan alat yang steril untuk mengoleskannya pada luka bakar. Penggunaan salep antibiotik akan membantu mencegah terjadinya infeksi.
  • Tutup luka bakar dengan perban antilengket, lalu bungkus sekitar luka menggunakan kain kasa.
  • Untuk mencegah kekakuan jaringan, lakukan peregangan di area sekitar luka selama beberapa menit setiap harinya. Hati-hati jangan sampai luka berdarah lagi.
  • Apabila melepuh, tunggu hingga pecah dengan sendirinya dan jangan menusuknya karena bisa berisiko terinfeksi. Setelah kering, singkirkan kulit mati yang muncul dari luka tersebut.
  • Lindungi area yang terbakar dari sinar matahari dengan pakaian atau tabir surya. Bagian yang terkena luka bakar akan menjadi sangat sensitif selama beberapa bulan.

Rekomendasi obat luka bakar yang ampuh

Salep antibiotik

Baca Juga:Subang Energi Abadi Berencana Bangun PLTS, Lokasinya di Bendungan SadawarnaObsesi Kades Bangun Pendopo Kayu Jati Akhirnya Terwujud

Mengoleskan salep antibiotik di atas luka bakar dapat mencegah infeksi. Biasanya, jenis salep untuk mengobati luka bakar knalpot adalah yang mengandung bacitracin atau neosporin.

Setelah mengoleskan area luka dengan salep antibiotik, tutup luka dengan kasa dan perban steril.

Madu

Madu mempunyai sifat antibakteri dan antijamur sehingga membuatnya menjadi obat luka bakar alami. Kamu cukup mengoleskannya ke permukaan kulit yang terbakar dan bahan ini pun akan membantu mencegah terjadinya peradangan.

Lidah buaya

Sejak zaman dahulu lidah buaya dipakai sebagai obat luka bakar alami. Bahkan manfaatnya sudah dibuktikan oleh penelitian, yang menunjukkan lidah buaya efektif untuk mengobati luka bakar derajat I dan II.

0 Komentar