Manjur! Ini Cara Menyusui Agar Tidak Lecet dan Sakit pada Area Puting Busui

Editor:

PARENTING – Cara menyusui bayi agar tidak lecet dan sakit pada area puting Busui (Ibu Menyusui) perlu diterapkan agar para Ibu tidak lagi merasa perih saat menyusui buah hati.

Menyusui bayi tentu saja suatu aktivitas yang dilakukan oleh para ibu untuk buah hati. Selain itu, Badan kesehatan dunia (WHO) pun sudah memberikan rekomendasi pemberian ASI eksklusif pada bayi sampai enam bulan.

Usai melewati tahapan 6 bulan, barulah bayi dapat diberikan makanan pendamping ASI (MPASI). Kemudian boleh meniru pola makan keluarga saat sudah berusia satu tahun.

Spesialis anak dan konselor laktasi dr. Jeanne Roos Tikoalu memaparkan, penyebab terjadinya lecet pada puting ibu saat menyusui.

Manjur! Ini Cara Menyusui Agar Tidak Lecet dan Sakit pada Area Puting Busui

Manjur! Ini Cara Menyusui Agar Tidak Lecet dan Sakit pada Area Puting Busui (Ilustrasi menyusui via unsplash)
Manjur! Ini Cara Menyusui Agar Tidak Lecet dan Sakit pada Area Puting Busui (Ilustrasi menyusui via unsplash)

“Jadi, penyebabnya karena posisi bayi saat menyusui kurang tepat atau mulut si kecil tidak menempel dengan baik,” jelasnya di Jakarta Selatan, Selasa (2/8) via Genpi.

Cara yang bisa dilakukan untuk menyusi agar dapat mencegah atau mengatasi puting lecet dan setidaknya membantu meringankan kondisi terdrbut, Jeanne menyarankan agar ibu menyusui untuk mengikuti pola makan sehat dan seimbang

“Dengan hidup sehat dan pola makan benar bisa meningkatkan kekebalan tubuh serta membantu melawan infeksi jamur saat terjadi puting lecet,” ungkapnya.

Dirinya pun meminta, ibu menyusui harus memastikan menjaga pola makan sehat dengan mengonsumsi buah, sayur, vitamin, juga suplemen.

Apabila puting terlanjur lecet, ibu menyusui disarankan mengompres dengan air hangat untuk mengurangi rasa sakit.

“Kompres pada saat sebelum menyusui dengan handuk halus yang sudah diberikan air hangat,” imbuhnya.

Lalu bisa mengoleskan pelembab alami.

Bahan-bahan alami untuk pelembab tersebut seperti minyak zaitun, minyak kelapa, atau tea tree oil yang bermanfaaf melembabkan area puting yang lecet.

“Jangan sampai kondisi puting lecet membuat ibu kapok untuk memberikan ASI eksklusif, ya,” pungkasnya. (Jni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.